MENU
icon label
image label
blacklogo

10 Tips yang bisa Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anda! (Part 1)

JUN 09, 2021@10:00 WIB | 82 Views

Percaya diri bukanlah sesuatu yang bisa dimiliki setiap orang sejak lahir. Terutama di era digital media sosial ini dan keinginan untuk sukses instan, banyak dari kita mendapati diri kita membandingkan kehidupan dan garis waktu kita sendiri dengan mereka yang hidupnya tampak sempurna.

Untungnya, rasa percaya diri adalah sesuatu yang dapat Anda pelajari. Ini hanya membutuhkan waktu, energi, dan perhatian dari Anda. Untuk membantu dalam membangun kepercayaan diri dan menjadi lebih selaras dengan diri Anda, berikut panduan dengan 10 tips teratas untuk membangun kepercayaan diri Anda.

Keyakinan adalah Keterampilan

Memang benar bahwa sebagian dari kita secara alami memiliki lebih banyak kepercayaan diri daripada yang lain, dengan beberapa temuan menunjukkan korelasi antara gen dan kepercayaan diri bisa mencapai 50%. Mirip dengan karakter video game yang mungkin memiliki 'lebih banyak kekuatan' atau 'lebih cepat', tingkat kepercayaan diri kita ditentukan oleh siapa Anda secara bawaan dan melalui pengalaman hidup Anda.

Tetapi apa yang juga ditemukan oleh sains adalah bahwa otak kita sangat mudah beradaptasi (lebih dari yang diperkirakan sebelumnya), berkat penelitian lanjutan di bidang neuroplastisitas. Ini berarti bahwa apa pun dasar kepercayaan diri Anda, Anda dapat tumbuh lebih percaya diri. Ini adalah keterampilan yang bisa dipelajari.

Hal pertama yang perlu dipahami pria adalah bahwa setiap orang dapat membangun kepercayaan diri mereka, tidak peduli bagaimana perasaan Anda saat ini. Yang diperlukan hanyalah tekad, kerja yang tepat, dan mengikuti sisa tips ini.

Tantang Diri Anda Sendiri

Cara tercepat untuk membangun kepercayaan diri Anda adalah keluar dari zona nyaman Anda. Sekarang Anda tidak perlu memesan sendiri pelajaran sky-diving atau mengikuti audisi untuk Indonesia Idol (walaupun Anda bisa jika Anda benar-benar mau), tapi lakukan dari hal-hal kecil sehari-hari dapat membuat Anda keluar dari zona nyaman Anda. Mengambil tujuan kecil, tantangan, dan hobi membutuhkan keberanian untuk melewati ketidakpastian. Kamu dipaksa untuk bertanya lebih banyak tentang dirimu sendiri.

Terkadang, pengingat visual juga dapat membantu. Lihat buku harian Anda sekarang dan tanyakan apa yang akan mendorong Anda keluar dari zona nyaman Anda. Jika tidak ada apa-apa, mulailah mengisinya.

Lakukan Apa yang Anda Katakan Bisa Anda Lakukan

Menurut para ahli, kepercayaan diri bukan hanya tentang apakah kita dapat melakukan suatu pekerjaan kita atau tidak, tetapi apakah kita memandang diri kita mampu melakukan tugas tersebut. Jadi, dalam hal kepercayaan diri, Anda harus melakukan apa yang Anda katakan akan Anda lakukan, tidak hanya untuk orang lain, tetapi juga untuk diri Anda sendiri.

Cara orang membangun kepercayaan diri adalah dengan berbuat lebih banyak dan sedikit bicara. Jika Anda mengatakan akan membersihkan rumah sebelum pasangan Anda pulang, bersihkanlah. Jika Anda mengatakan Anda akan memenuhi tenggat waktu, penuhi itu.

Ketika Anda melakukan apa yang Anda katakan akan Anda lakukan, dan Anda melihat dan memahami diri Anda sebagai orang yang mampu sepenuhnya, Anda mulai mencapai dan lebih percaya pada diri sendiri. Pikiran Anda menghadiahi Anda dengan kepercayaan diri, Anda percaya apa yang Anda katakan akan Anda lakukan. Jadi bagaimana Anda mulai menumbuhkan rasa percaya diri ini? Mulailah dari yang kecil, dan kemudian kembangkan saat Anda menjadi dapat diandalkan untuk kata-kata Anda.

Jaga Pikiran Anda

Pola pikir Anda adalah segalanya. Ini sebenarnya kunci untuk membangun dan mempertahankan kepercayaan jangka panjang. Pikiranmu harus diperlakukan seperti aset berharga, hampir seperti merawat anak. Perhatikan ketika Anda bersikap negatif dan keras pada diri sendiri, dan lihat bagaimana Anda dapat beralih ke cara berpikir yang lebih bijaksana dan konstruktif.

Semakin Anda melatih pikiran yang percaya diri dan mencintai diri sendiri, semakin mudah cara berpikir itu menjadi. Jika Anda menjaga pikiran Anda, pikiran Anda akan menjaga Anda.

Jadi apa yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk membuat pikiran Anda benar? Pelan - pelan. Cobalah meditasi atau praktik perhatian. Melatih rasa syukur dan afirmasi setiap hari juga dapat membuat Anda merasa lebih baik secara instan, dan juga memiliki hasil jangka panjang.

Banggalah dengan Penampilan Anda Sendiri

Tidak dangkal untuk mengatakan bahwa ketika Anda terlihat baik, Anda juga merasa baik. Hubungan antara penampilan kita dan perasaan kita adalah tentang mencintai diri sendiri dan memperlakukan tubuh Anda dengan perhatian.

Dengan Anda olahraga, tidur nyenyak, dan diet sehat dan ini juga tentang bangga dengan penampilan Anda. Anda tidak perlu memiliki pakaian terbaik atau mencoba menjadi reinkarnasi James Dean.

Namun sangat mudah ketika kita merasa nyaman dengan keuangan, hubungan, atau situasi kehidupan kita, kita berhenti mengurus diri sendiri. Jadi lakukan olah raga, makan makanan yang seimbang, hindari stres, prioritaskan perawatan diri dan praktik perawatan diri. Jaga diri Anda luar dan dalam, dan kepercayaan diri Anda akan meningkat. [shf/asl/timBX]

Tags :

#
tips lebih percaya diri,
#
tips pria,
#
tips