MENU
icon label
image label
blacklogo

YouTube Musnahkan 1,6 Juta Channel Pada Q3 2018

DEC 23, 2018@15:05 WIB | 302 Views

YouTube sukses menjadi platform yang begitu populer saat ini. Banyak orang berlomba-lomba menunjukkan eksistensinya lewat platform satu ini. Namun tidak sedikit juga yang malah menyalahgunakannya untuk membuat channel dengan konten palsu, spam, atau yang menyesatkan.

Untungnya YouTube bergerak cepat untuk menanggulangi permasalahan satu ini. Menurut laporan yang dikutip dari Ubergizmo.com, sepanjang Q3 2018, YouTube telah menghapus sebanyak 1,6 juta channel.

“Channel YouTube akan dihentikan jika melanggar tiga pedoman komunitas dalam 90 hari, memiliki satu kasus penyalahgunaan atau dengan sengaja berniat untuk melanggar pedoman kami (seperti yang sering terjadi dengan akun spam). Saat saluran dihentikan, semua videonya di hapus,” jelas YouTube.

Berbicara lebih detail lagi, sebagaian besar channel yang dihapus dikarenakan spam, konten yang menyesatkan dan penipuan. Sekitar 12,6% dihapus karena mengandung unsur seks, 4,5% karena masalah keselamatan anak dan beberapa juga dihapus karena pelecehan, mempromosikan ekstremisme dan beberapa lainnya terkait copyright.

Sebelumnya YouTube sempat dikecam karena terlalu lama menghapus video-video semacam itu. Namun kini mereka berbenah dan terus bergerak dengan cepat menghapus konten yang tidak seharusnya berada di platform mereka. [Hlm/timBX]

Tags :

#
youtube,
#
hapus channel youtube