MENU
icon label
image label
blacklogo

Semester II 2019, VW Tawarkan Teknologi Pengisian Cepat EV Secepat Charging Smartphone

DEC 31, 2018@10:00 WIB | 166 Views

Dalam sebuah stasiun pengisian, empat EV bisa melakukan pengisian pada saat yang sama. Dalam kenyataan lain meskipun kemampuan baterai smartphone cukup meningkat kemampuan dan durabilitasnya, banyak diantara kita masih mempertahankan powerbank untuk berjaga-jaga. Atas ide dasar itulah, VW sedang mengembangkan stasiun pengisian cepat untuk kendaraan listrik, yang kemampuannya bisa mengisi daya 15 EV sekaligus, sebelum cell baterai benar-benar habis.

Nah dimana rencana VW meletakkan stasiun pengisian ulang tersebut? Terutama bakal diletakkan di public parking, ruang perusahaan, atau sebagai instalasi sementara saat digelar konser atau pameran. Rencananya, tahun 2019 pada semester pertama bakal menjadi proyek percontohan di kota Wolfsburg, Jerman. Dan jika ujicoba pengujian charging station ini berhasil, bakal diinstalkan ke beberapa kota besar lain di tahun 2020.

"Charging Station mobile untuk kendaraan listrik ini akan membangun titik jaringan pengisian yang efisien. Karena jaringan tersebut bisa diatur dimana saja tanpa harus terkoneksi ke sumber daya. Fleksibilitas ini yang bakal dikembangkan untuk perluasan infrastruktur . Setiap kota bisa mempelajari tempat mana yang paling cocok untuk titik pengisian. Dan itu memungkinkan mengatur charging station sementara," tutur Thomas Schmall dari VW. Sistem pengisiannya bisa cepat, karena charging station milik VW ini telah mempersiapkan unit cell pengganti yang telah diisi penuh. "Jika baterai dianggap cocok setelah dianalisa, mereka dapat ganti garansi dan diisi 360 kWh," lanjut Schmall.

Suatu kasus, bila mana terjadi sebuah charging station memiliki kapasitas baterai dibawah 20 persen. Maka akan disiapkan pengganti, sedangkan baterai originalnya bisa diisi ulang di luar lokasi. Sebuah mobil listrik yang diisi dengan daya secara terus menerus, bisa menurunkan kadar CO2. Ini adalah yang pertama dan menawarkan kontinyuitas daya tanpa harus khawatir mogok.

Secara kapasitas, charging station ini nantinya mampu mengisi 4 kendaraan listrik, termasuk sepeda listrik yang terdiri dari 2 konektivitas DC dan 2 AC. Sistem pengisian DC mampu mengisi 100kw yang membutuhkan durasi hanya 17 menit untuk kapasitas mobil listrik. [Ahs/timBX]

Tags :

#
charging station,
#
electric vehicle,
#
volkswagen,
#
vw

RELATED ARTICLE