MENU
icon label
image label
blacklogo

Samsung S21 Bakal Jadi Kunci Mobil?

JAN 20, 2021@16:00 WIB | 168 Views

Samsung Galaxy S21 yang baru meluncur, ternyata tidak hanya untuk melakukan lebih dari sekadar teks atau menjelajahi media sosial. Kini ponsel pintar Samsung bekerja sama dengan Audi, BMW, Ford, dan Genesis (divisi mewah Hyundai) sebagai "kunci digital" atau pengganti kunci fob tradisional.

Teknologi kunci digital ini memungkinkan smartphone secara otomatis membuka kunci pintu saat berada di dekat kendaraan. Ini juga memungkinkan mobil untuk dihidupkan dan dikendarai selama telepon terpasang. Mirip dengan sistem keyless entry yang sudah ditawarkan oleh banyak pabrikan  mobil.

Keuntungan dari teknologi ini adalah memungkinkan pengguna untuk berbagi akses ke mobil dengan orang lain jauh lebih mudah daripada dengan sebuah kunci fisik. Fitur seperti ini sudah dipakai di beberapa kendaraan, termasuk Tesla dan SUV Aviator, Corsair, Nautilus, dan Navigator dari divisi mewah Ford Lincoln, serta Hyundai Sonata dari merek induk Genesis. Volvo juga mendemonstrasikan sistem kunci digital ini bertahun-tahun yang lalu. Produsen mobil lain menawarkan aplikasi yang dapat membuka kunci mobil dari jarak jauh dan menyalakan mesin tetapi masih memerlukan kunci untuk mengemudi.

Kunci digital Samsung akan bergantung pada sinyal ultra wideband (UWB). Menggunakan sedikit biaya dari pulsa yang kemudian dikirim antara perangkat dan mobil yang dipasangkan untuk membuka kunci pintu.

Belum ada waktu resmi peluncuran untuk kunci digital Samsung Galaxy S21 tersebut. Samsung hanya mengatakan bahwa mereka bekerja dengan pabrikan otomotif terkait mobilnya untuk menstandarisasi UWB dan aspek interface lainnya. Selain itu belum dijelaskan pula fungsi kunci digital tersebut akan tersedia secara luas, atau terbatas pada model tertentu.[prm/timBX]

Tags :

#
blacktech,
#
samsung s21,
#
samsung galaxy