MENU
icon label
image label
blacklogo

Review Realme U1: Tak Sekadar Smartphone Selfie Biasa

JAN 06, 2019@10:00 WIB | 446 Views

Akhir tahun 2018 yang lalu dimanfaatkan dengan baik oleh Realme untuk meluncurkan smartphone anyar mereka yang dinamai Realme U1.

Dijuluki sebagai “SelfiePro”, Realme U1 datang dengan kemampuannya untuk mengabadikan hasil selfie yang maksimal. Lantas sejauh apa kecakapan lain yang coba ditawarkan Realme U1 pada penggunanya? Yuk simak review lengkapnya di BlackXperience.com.

Desain

Saat pertama kali menggenggamnya, Realme U1 langsung sukses membuat saya terpesona. Sedikit terdengar berlebihan memang, namun entah mengapa feel-nya terasa begitu nyaman.

Desain Realme U1 masih menonkolkan kesan elegan dengan finishing yang mengkilap. Layarnya sendiri masih menggunakan konsep dewdrop yang membuat dimensi layar berukuran 6,3 inci di Realme U1 tampak lebih lapang.

Layar Realme U1  memiliki rasio screen-to-body sebesar 90,8 persen dan rasio layar 19.5 : 9 untuk memberikan sudut pandang ekstra lebar. Untuk urusan resolusi layar Realme U1 berukuran 2.340 x 1.080 pixel dengan kepadaran layar 409 PPI yang dapat menampilkan gambar yang sangat jelas.

Khusus di Realme U1, diadopsi gaya desain berani untuk memberikan efek pillarlight yang unik. Dalam pencahayaan yang pas, bagian belakang Realme U1 memberikan tampilan yang memancarkan kesan elegan.

Sekadar informasi, panel belakang Realma U1 dibuat menggunakan panel 13 lapis setingkat mikron yang telah diproses dalam suhu tertentu dengan lapisan halus untuk memberikan daya tahan yang baik.

Realme U1 juga mempertipis bingkai layarnya, hanya 2.05mm di bagian atas yang dioptimalisasi untuk menanamkan berbagai sensor, 1.7mm bezel kiri dan kanannya serta bezel di bagian bawah hanya memiliki lebar 5.2mm.

Realme U1 tersedia dalam tiga varian warna berbeda, Fiery Gold, Ambitious Black dan Brave Blue.

Spesifikasi

Realme U1 menjadi ponsel pertama di Indonesia dan juga di dunia yang menggunakan chipset MediaTekHelio P70. Chipset dengan teknologi fabrikasi 12 nm. Kinerja perangkat yang kami uji ini memiliki kombinasi internal 64 GB dan RAM 4 GB.

Pada sistem operasinya, Realme U1 menggunakan Android Oreo  8.1 yang dilapisi Color OS 5.2. User interface ini menawarkan beragam fungsi, seperti easy screenshoot, clonephone, cloneapps, smartplay, customtimer, dan screenrecording.

Untuk sektor keamanan, Realme U1 memberikan pembaruan safetypatch secara berkala. Pada keadaan darurat, sistem operasi pada ponsel akan mengunduh patch secara otomatis. Fitur facialunlock yang tersemat juga mampu mengindentifikasi 128 titik wajah melalui kamera dengan presisi tinggi.

Untuk penggunaan tugas sehari-hari, seperti chatting, sosial media, dan browsing, tak ada kendala berarti dengan Realme U1. Lantas bagaimana kemampuannya kala dipacu untuk gaming?

Kami menguji Realme U1 untuk memainkan game yang tengah hits saat ini, Mobile Legends dan PlayerUnknown’s Battleground Mobile. Hasilnya kami bisa menikmati kedua game tersebut dengan nyaman, dengan settingan game yang juga memanjakan.

Berikut ini hasil benchmark yang kami lakukan pada Realme U1 dengan menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark dan GeekBench.

Realme U1 dibekali oleh baterai berukuran 3.500 mAh yang sudah didukung oleh CorePilot 4.0 yang menjamin konsumsi daya yang lebih terkontrol. Realme U1 dapat bertahan sepanjang hari berkat adanya task scheduling system yang dapat mengatur penghematan daya dengan mengurangi aktivitas yang tidak penting.

Saat dilakukan pengujian baterai, Realme U1 dapat bertahan sepanjang hari untuk penggunaan sewajarnya. Selama sehari penuh, kami menguji daya baterai dengan membuka game, browsing, dan membuka aplikasi lainnya

Kamera

Sektor kamera bisa dibilang menjadi bagian yang ingin diunggulkan oleh Realme U1. Dari mulai kamera depan hingga belakang membawa berbagai fitur yang dapat meningkatkan kualitas foto dalam segala kondisi.

Kamera depannya menggunakan sensor Sony IMX 576 yang memiliki resolusi 25 MP. Kamera depan tersebut juga menggunakan 4-in-1 pixel synthesis technology yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas foto di kondisi rendah cahaya.

Saat dicoba, hasil kamera depannya bisa kami bilang natural. Saat digunakan di kondisi cahaya yang cukup, objek foto tampak jelas terlihat tanpa noise yang berarti. Belum lagi kemampuan kamera depan, yang sudah digadang-gadang sejak diluncurkan, benar-benar tak terpengaruh dengan adanya backlit.

Sementara untuk kamera belakangnya, Realme U1 menggunakan konfigurasi ganda 16 MP + 2 MP yang efektif. Kamera sekunder di Realme U1 berfungsi untuk  mengukur jarak spasial dalam mode potrait sehingga memberikan kedalaman yang pas.

Saat pengujian kamera belakang, AI scene recogntion secara cerdas dapat mengenali 16 scene foto. Alhasil, pengguna tidak perlu repot lagi dalam mengatur setting foto.

 

(Hasil foto kamera belakang Realme U1)

Kesimpulan

So, Black Pals, meski terbilang menjadi nama baru di industri smartphone Indonesia, kualitas Realme U1 tak bisa dipandang sebelah mata. Mengusung keunggulan di kamera depan 25 MP-nya yang masuk dalam kategori lumayan, jelas Realme U1 tidak bisa begitu saja diabaikan.

Dengan merogoh kocek sekitar Rp 2 jutaan, Realme U1 dengan beragam kemampuan yang dijanjikan, siap untuk Anda bawa pulang. [Hlm/timBX]

Tags :

#
review realme u1,
#
realme u1,
#
review realme u1 indonesia,
#
realme