MENU
icon label
image label
blacklogo

Qualcomm Umumkan Chipsetnya Bersertifikasi Setara Smart Card

JUN 26, 2019@16:00 WIB | 179 Views

Qualcomm ternyata ingin memastikan bahwa smartphone yang menggunakan produk terbaru mereka, Snapdragon 855, bisa sedikit lebih aman. Hal itu dibuktikan dengan baru-baru ini perusahaan itu telah mengumumkan bahwa Snapdragon 855 adalah chipset ponsel pertama yang mendapatkan sertifikasi keamanan setara kartu pintar.

Apa artinya? Itu pada dasarnya berarti bahwa produsen ponsel mungkin tidak perlu lagi membangun ponsel dengan chip keamanan eksternal. Ini juga berarti penghematan uang di sisi produsen tersebut, apalagi jika chipset Qualcomm mampu menawarkan tingkat keamanan yang sama. Keamanan Snapdragon 855 sendiri ditangani oleh bagian yang disebut Secure Processing Unit atau SPU.

Sebenarnya saat ini sudah ada beberapa aplikasi dan layanan yang mendayagunakan Secure Processing Unit Snapdragon 855. Misalnya, Android StrongBox Keymaster yang ternyata sudah memanfaatkan sejak awal. Namun pada akhirnya, fakta bahwa SPU kini memiliki sertifikasi tersebut dapat memiliki beberapa implikasi lebih di dunia nyata juga. Misalnya, teknologi tersebut dapat digunakan untuk hal-hal seperti pembayaran seluler offline, autentikasi transit, dan ID elektronik di mana tempat salinan ID Anda disimpan dengan aman di ponsel Anda. Menurut Qualcomm, teknologi tersebut bahkan dapat digunakan sebagai brangkas elektronik untuk menyimpan cryptocurrency Anda.

“Menyelesaikan sertifikasi keamanan EAL-4 Plus adalah tonggak utama dalam perjalanan kami untuk menghadirkan tingkat keamanan kartu pintar kepada pelanggan dan pengguna Snapdragon kami. Menggunakan kasing yang sebelumnya membutuhkan chip keamanan terpisah sekarang akan dapat diintegrasikan sepenuhnya pada perangkat yang didukung Snapdragon 855,” jelas Jesse Seed, direktur senior, manajemen produk di Qualcomm dalam sebuah pernyataannya. “Sertifikasi ini merupakan bukti pertama bagi pelaku industri akan apa yang dibawa oleh Snapdragon 855 ke pasar dan Qualcomm Technologies merupakan yang terdepan dalam keamanan terintegrasi”.

Teknologi tersebut dapat memiliki implikasi yang signifikan untuk adopsi eSIM juga. eSIM memerlukan penggunaan fitur keamanan canggih, dan sekarang, karena kenyataan bahwa produsen tidak perlu mengimplementasikan chip keamanan eksternal, mereka mungkin lebih mau mengadopsi teknologi eSIM juga.

Tentu saja, Snapdragon 855 saat ini sudah terpasang di berbagai perangkat. Ada banyak smartphone di pasaran dengan Snapdragon 855 terintegrasi di dalamnya, termasuk ponsel unggulan seperti Samsung Galaxy S10, LG G8 ThinQ, dan OnePlus 7 Pro. Pengumuman itu tidak berarti bahwa Qualcomm bakal mengirim versi berbeda dari Snapdragon 855. Itu hanya berarti bahwa perangkat keras yang ada, yang sudah tersedia di telepon yang mendukung Snapdragon 855, kini memiliki SPU yang tersertifikasi secara resmi.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
qualcomm,
#
snapdragon,
#
snapdragon 855