MENU
icon label
image label
blacklogo

Qualcomm Merilis Aplikasi Video Shoot 8K Pertama dengan Snapdragon 865

FEB 06, 2020@17:10 WIB | 180 Views

Engine Qualcomm artificial intelligence (AI) 5 gen terkemuka mendorong pengalaman di perangkat lunak lebih intuitif, cerdas, dan responsif daripada sebelumnya, termasuk asisten suara yang lebih cerdas dengan kesadaran kontekstual.

Chipset Snapdragon 865 terbaru Qualcomm akan memberi daya pada perangkat kelas di tahun ini, dimulai dengan smartphone Samsung Galaxy S20, yang akan diumumkan minggu depan. Hari ini, Qualcomm mem-posting sampel video 8K yang direkam menggunakan perangkat keras dan didukung oleh chipset baru. Spectra 480 ISP ditemukan di dalam Snapdragon 865, ini dapat memproses video 2 gigapixels per detik. Secara teoritis juga mampu menangkap gambar 200 MP dan mampu secara bersamaan menangkap video 4R HDR dan gambar 64MP.

Perangkat keras yang digunakan adalah chipset Qualcomm yang dipasangkan dengan sensor Sony IMX586 48MP pada smartphone prototipe. Kualitas videonya sendiri sulit dinilai karena diambil dengan perangkat keras pra-produksi dan video yang dihasilkan terlihat berisik dan kasar, hal itu biasanya disebabkan oleh kompresi YouTube atau perangkat keras yang sebenarnya. Pada bulan November (ketika rekaman diambil) hingga sekarang, para kru sudah membayangkan bahwa kualitas video telah meningkat sejak saat itu.

Sepertinya, video 8K tiba-tiba akan mengambil alih TV dan smartphone kita semua dalam waktu dekat. Manfaat paling cepat dari merekam video dalam resolusi tinggi adalah untuk menurunkan sampel ke resolusi 4K. Lagi pula, hal serupa terjadi dengan sensor kamera quad-bayer yang mengambil lebih banyak detail untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas. Selain itu, jika video 8K menjadi lebih lazim, crew membutuhkan penyimpanan yang lebih banyak untuk menyimpan data yang ada. Dikabarkan juga bahwa smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra akan dapat merekam video dalam resolusi 8K dengan sensor kamera 108MP-nya. Kru pun senang melihat peningkatan kualitas gambar Samsung di Galaxy S20. Saat seminggu sampai saat itu.[Ech/Hsn/timBX]

Tags :

#
qualcomm,
#
snapdragon 865,
#
chipset