MENU
icon label
image label
blacklogo

Qualcomm Gandeng Samsung Untuk Chip Teranyarnya

JUN 18, 2019@13:45 WIB | 168 Views

Bisnis penjualan chip merupakan pemberi kontribusi terbesar pada pendapatan Qualcomm. Pada kuartal Maret, misalnya, Qualcomm memperoleh 74 persen dari pendapatannya dari bisnis penjualan chip. Sekarang Qualcomm dikabarkan berencana menggandeng Samsung untuk memproduksi chipset generasi penerus Snapdragon 855.

Hal itu diketahui dari laporan salah satu media asal Korea Selatan, TheElec, yang juga menyatakan bahwa chipset yang kemungkinan bernama Snapdragon 865 itu, bakal dibuat menggunakan teknologi fabrikasi milik Samsung. Chip Snapdragon 865 diharapkan datang dalam dua versi, versi standar dan versi yang terintegrasi dengan chip modem 5G Qualcomm X55.

Teknologi fabrikasi yang dimaksud adalah Extreme Ultraviolet (EUV) Lithography dengan proses fabrikasi 7 nanometer (nm). Secara detail ini merupakan sebuah cara untuk membuat desain silikon yang kompleks dengan proses fabrikasi yang semakin kecil. Dengan proses manufaktur yang lebih kecil, maka jumlah transistor yang bisa diletakkan di chip pun bakal bertambah banyak. Itu juga bisa menghemat daya yang diperlukan chip tersebut.

Terkait dengan kabar tersebut, disinyalir pabrik Samsung yang berada di wilayah Hwaseong, Korea Selatan, telah ditambah kapasitas produksinya untuk kelancaran proses manufaktur chip tersebut. Berdasarkan laporan WccTech, banyaknya pembuat smartphone yang mungkin akan mencari Qualcomm untuk menyediakan mereka dengan chip modem untuk memberi daya pada ponsel 5G mereka membuat Samsung dikabarkan berencana untuk memulai produksi chip Snapdragon 865 ini pada Februari 2020 mendatang.

Sebelumnya Qualcomm menggunakan pabrik Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSM) untuk memproduksi chip Snapdragon 845 dan Snapdragon 855 yang mendahului Snapdragon 865. Meski demikian Qualcomm sendiri sempat mengandalkan Samsung untuk memproduksi SoC Snapdragon 820 dan 835.

Kini Qualcomm lebih memilih Samsung untuk memproduksi chipset flagship teranyar mereka diperkirakan karena percaya kepada teknologi EUV dengan fabrikasi 7nm yang dimiliki oleh Samsung dibandingkan TSMC. Apapun itu yang pasti pasti langkah dunia teknologi beralih ke 5G sudah ada di depan mata. Lets embrace it blackpals.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
samsung,
#
qualcomm,
#
snapdragon,
#
snapdragon 865,
#
tsm