MENU
icon label
image label
blacklogo

Qualcomm Bawa Chip Snapdragon 1000 Octa Core Kedalam Laptop Windows

OCT 16, 2018@10:50 WIB | 76 Views

Informasi detail terbaru telah muncul tentang CPU Qualcomm Snapdragon 1000 dikabarkan akan sangat canggih dan kuat yang dirancang untuk mengganti chip Intel kedalam laptop Windows. Meskipun tidak ada pengumuman secara resmi terkait dengan chip tersebut, laporan terbaru menunjukkan bahwa chip ini akan membawa chip octa-core yang paling banyak ditemukan di smartphone dan tablet kedalam laptop Windows, yang menawarkan four-core bertenaga tinggi untuk performance dan four-core yang bertenaga lebih rendah untuk efisiensi.

Selama beberapa tahun terakhir, Qualcomm telah berubah dari sekedar pengembang prosesor eksklusif smartphone dengan grafis on-board kini menciptakan chip yang jauh lebih berkualitas. Snapdragon 835 dan 845 menjadi chip smartphone dan tablet kelas atas dan bergabung dengan platform Snapdragon 850 didalam laptop Windows Always Connected juga. Namun, Snapdragon 1000 ini akan jauh lebih mumpuni daripada mereka dan dapat membuat laptop Always Connected menjadi jauh lebih kompetitif di pasar laptop yang lebih besar.

Menurut laporan dari WinFuture yang kemudian diterjemahkan oleh BGR, Snapdragon 1000 adalah CPU eight core berdasarkan pada Cortex-A55 dan Cortex A76. Four core akan memiliki clock speed pada 3.0GHz atau lebih tinggi, sementara itu four core lainnya akan pada 1.8GHz dan akan digunakan untuk memperpanjang durasi baterai ketika sistem tidak mampu menangani tugas-tugas yang padat. Chip ini juga dikatakan mendukung memori LPDDR4X yang memiliki peningkatan dramatis dalam bandwidth memori.

Di atas core CPU baru yang bertenaga tinggi, GPU baru yang dikenal sebagai Adreno 680 ditambahkan kedalam Snapdragon 1000. GPU ini seharusnya memiliki clock speed yang lebih tinggi daripada GPU core yang digunakan didalam chip Snapdragon 835 dan 845. Perbaikan ini menyebabkan chip yang lebih padat dan dikemas transistor. Laporan baru ini menunjukkan bahwa CPU Snapdragon 1000 akan mengemas sebanyak 8,5 miliar transistor.

Meskipun semua perangkat keras yang bertenaga lebih tinggi ini, kekuatan desain termal Snapdragon 1000 dikatakan hanya sebesar 15w yang membuatnya lebih kompetitif dengan beberapa pesaing CPU generasi ketujuh ultra-watt watt dari Intel.

Belum ada infromasi yang muncul ke permukaan di mana pabrikan laptop mana yang mungkin pertama kali mengadopsi chip Qualcomm terbaru, tetapi BGR menunjukkan bahwa Asus dikabarkan memiliki desain laptop terbaru yang disebut Primus.[tje/timBX]

Tags :

#
qualcom,
#
snapdragon,
#
chip