MENU
icon label
image label
blacklogo

Perbedaan Android One dan Stock Android

AUG 01, 2019@18:53 WIB | 192 Views

Seperti yang kita ketahui, Android adalah sistem operasi yang diluncurkan oleh Google untuk smartphone terkini, yang hampir setiap tahunnya terdapat perubahan generasi atau versi. Dan sekarang ini, seringkali banyak yang sulit membedakan antara Android One dan Stock Android. Meskipun ada kemiripan, namun ternyata dua sistem operasi ini memiliki perbedaan cukup jelas jika ditelisik lebih dekat. Yuk simak perbedaannya

Android One

Sistem operasi ini awalnya diluncurkan di India pada tahun 2014 dan ditujukan untuk ponsel kelas bawah. Selama bertahun-tahun, Android One benar-benar telah berkembang melampaui tujuan awalnya untuk memasukkan ponsel yang lebih canggih daripada yang semula dimaksudkan.

Untuk perangkat dengan Android One, Google sebenarnya menawarkan layanan pengembangan perangkat lunak kepada produsen. Jadi mungkin produsen smartphone fokus pada pengembangan perangkat keras, pemasaran dan juga memiliki pengalaman ritel, tetapi mereka tidak mampu berbuat apapun dengan perangkat lunak. Dalam hal ini, Google menawarkan Android One dan berkomitmen untuk mengirim pembaruan dan tambahan keamanan untuk jangka waktu yang disepakati, langsung ke smartphone.

Stock Android

Secara historis, Stock Android adalah apa yang akan bisa didapatkan pengguna smartphone pada perangkat seperti Nexus 5x dan Nexus 6P. Meskipun ada beberapa perbedaan dalam perangkat lunak antara Nexus terakhir dan Pixel pertama, sekarang update Nexus telah secara resmi dihentikan, dan sekarang menggunakan istilah Stock Android untuk merujuk ke perangkat lunak apa pun yang dikirimkan Google pada perangkatnya sendiri.

Perangkat ini benar-benar mendapatkan Android langsung dari Google, jadi setelah ada update yang ingin dikirim Google, perangkat itu langsung masuk ke ponsel tanpa penundaan. Secara alami, ada peningkatan permintaan untuk Stock Android karena bebas dari bloatware dan diperbarui dengan cepat.

Jadi perbedaan Stock Android ini dengan Android One adalah, Google tidak bertanggung jawab sepenuhnya terkait pembaharuan (update) pada sistem ini.

Setelah dua penjelasan diatas, ada beberapa yang mungkin membuat bingung pengguna smartphone juga terkait tampilan kedua jenis Android tersebut, hal itu cukup wajar karena Android One menggunakan antar muka Stock Android, dan produsen smartphone tidak melakukan perubahan.

Tags :

#
android one,
#
stock android,
#
sistem operasi