MENU
icon label
image label
blacklogo

Nonton YouTube Kini Bisa Sambil Browsing Pakai Chrome 73

FEB 13, 2019@13:00 WIB | 288 Views

Sebuah fitur yang telah dinanti lama pengguna Google Chrome tampaknya akan datang dalam update terbaru peramban popular ini. Chrome 73 akan jadi versi pertama dari browser Google yang memiliki dukungan resmi untuk tombol multimedia yang biasa ada di papan ketik laptop ataupun desktop.

Dukungan ini akan mulai bergulir pertama kali untuk Chrome OS, MacOS dan Windows. Sedangkan untuk pengguna Linux juga pasti akan mendapatkannya, walau tanggal pastinya belum ditentukan.

Dengan adanya dukungan resmi tombol multimedia ini berarti pengguna Chrome dapat mengendalikan video dan musik yang sedang dimainkan pada browser langsung dari papan ketik, tanpa harus melibatkan mouse.

Memang fitur ini tidaklah baru, mengingat sudah ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang memungkinan pengendalian multimedia ini terjadi. Tapi dengan Chrome 73, kita tidak perlu lagi menginstal apapun, jadi mungkin minim glitch.

Pada versi perdananya, dukungan ini akan mendukung empat fungsi seperti play,pause, seek forward atau lompat ke depan dan seek backward untuk lompat ke belakang.

Tombol-tombol multimedia pada peramban ini akan mendukung pada tingkat browser bukan level tab. Apa artinya? Itu artinya pengendalian lewat tombol multimedia ini dapat berfungsi walau browser di minimized dan musik atau video berjalan di background, keren ‘kan?

Update ini juga hadir dengan Media Session API yang memungkinkan pengembang aplikasi untuk melakukan kustomisasi berupa interaksi tertentu untuk tombol multimedia.

Nah, sayangnya, fungsionalitas ini baru hadir untuk Chrome versi beta dan Chrome Canary. Namun jangan dulu sedh, karena update versi stabilnya akan mulai diedarkan bulan depan. Menariknya, walau terkesan tertinggal, ternyata Chrome adalah browser pertama di dunia yang memiliki dukungan resmi untuk tombol multimedia.

Tags :

#
youtube,
#
fitur baru google chrome,
#
chrome 73