MENU
icon label
image label
blacklogo

Nintendo Tawarkan Servis Gratis Joy Con Switch Bermasalah

JUL 28, 2019@16:00 WIB | 603 Views

Menurut sebuah laporan baru, Nintendo akan mulai menawarkan untuk memperbaiki pengontrol yang dipengaruhi oleh masalah drift Joy-Con secara gratis setelah adanya berita tentang gugatan class action diajukan terhadap perusahaan tersebut karena perangkat kerasnya yang rusak. Joy-Con drift mengacu pada masalah yang melihat pengontrol mulai secara salah mengidentifikasi tongkat analognya didorong ke arah tertentu, bahkan ketika itu tidak disentuh, menyebabkan masalah selama permainan yang berkisar dari menjengkelkan hingga ke mustahil untuk digunakan.

Joy-Con drift telah menjadi masalah untuk Nintendo Switch sejak diluncurkan pada tahun 2017, tetapi Nintendo tidak mengakui ada masalah sama sekali, dan tindakan mereka hanya sejauh sebuah pesan PR yang menyarankan bagi pengguna yang mengalami masalah tersebut untuk menghubungi perusahaan untuk penggantinya. Namun itu hanya berlaku saat masih dalam garansi. Hal ini menyebabkan tidak sedikit pengguna yang harus mengeluarkan uang dari kantong mereka sendiri untuk memperbaiki pengontrol.

Setelah masalah semakin meluas, para pemilik Switch menyadari betapa lazimnya masalah itu terjadi sebenarnya. Dari situ, gugatan class action terhadap Nintendo diajukan awal pekan ini oleh salah satu pihak yang terkena dampak, dengan tim hukum mereka juga mendorong pengguna yang terkena dampak lainnya untuk mengisi formulir untuk membantu membangun kasus melawan Nintendo.

Tampaknya itu sudah cukup bagi Nintendo untuk akhirnya bertindak soal Switch Joy-Con drift. Menurut laporan dari VICE Games, Nintendo baru-baru ini mengatakan kepada perwakilan layanan pelanggannya bahwa perusahaan itu tidak akan lagi mengenakan biaya kepada mereka yang mencari perbaikan Joy-Con. Alih-alih, mereka menawarkan layanan secara gratis tanpa pertanyaan. Inilah yang dikatakan detail layanan pelanggan internal:

"Pelanggan tidak akan lagi diminta untuk memberikan bukti pembelian untuk perbaikan Joy-Con. Selain itu tidak perlu untuk mengkonfirmasi status garansi. Jika pelanggan meminta pengembalian uang untuk perbaikan Joy-Con yang sebelumnya dibayar ... (bawa bukti) konfirmasi perbaikan sebelumnya dan lalu ajukan pengembalian dana".

Sayangnya tidak ada dalam dokumen di mana Nintendo mengakui kesalahan sebagai perusahaan atau dengan pengendali Joy-Con pada umumnya, hanya membuat referensi ke ‘laporan terbaru’. Itu memprihatinkan, terutama dengan Nintendo Switch Lite akan segera datang ke pasar.

Perangkat portabel baru ini menghilangkan dockability dan juga tidak memiliki pengendali Joy-Con yang dapat dilepas. Itu berarti jika ada indikasi Joy-Con drift untuk perangkat tersebut, Nintendo akan harus mengirimkan seluruh konsol kembali untuk diperbaiki. Itu pasti bisa mengurangi penjualan, dan dapat menjadi bencana PR jika masalahnya menjadi lazim seperti yang dihadapi pemilik Switch saat ini.

Anyway, jika tidak ada masalah yang lain, setidaknya ada pilihan sekarang untuk konsumen yang telah terkena Joy-Con drift untuk mengganti perangkat itu dengan gratis. Ini adalah permulaan, tapi itu bukan solusi untuk masalah yang dihadapi Nintendo Switch. Jika ingin bertahan dalam pertarungan konsol masa depan, mereka harus segera menemukan pemecahan akan caat produksi pengontrolnya.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
nintendo,
#
nintendo switch,
#
switch joy con,
#
switch lite,
#
joy con drift