MENU
icon label
image label
blacklogo

Kamera 8K Samsung Galaxy S20 Yang Boros Penyimpanan

FEB 13, 2020@19:05 WIB | 381 Views

Salah satu ponsel mewah terbaru dari Samsung, yaitu Samsung Galaxy S20 memiliki kemampuan untuk merekam  video dengan resolusi 4K di 24 framepersecond (FPS). Hal ini sewajarnya akan meningkatkan penggunaan penyimpanan yang sangat besar.

Menurut informasi resmi yang di berikan oleh pihak Samsung, bahwa satu menit sebuah video 4K dapat memiliki ukuran sebesar 600MB dengan menggunakan codec HEVC. Ukuran tersebut nyatanya belum mencapai dua kali lipatnya ukuran sebuah video dengan durasi satu menit dengan resulusi 4K, yaitu 350MB di Samsung Galaxy s10.

Semua itu bukan berarti tidak ada sisi positifnya, dengan bandwidth yang rendah memungkinkan Anda  untuk lebih mudah mendapatkan kartu MicroSD dengan kecepatan yang tinggi untuk mendukung performa penyimpanan dan kinerja Samsung Galaxy S20 ini.

Jika pengguna tidak menggunakan MicroSD sekalipun, Samsung Galaxy S20 ini telah tersedia varian dengan penyimpanan internal dengan kapasitas 128GB dengan catatan beberapa GB diambil untuk aplikasi dan OS ponsel. Sedangkan untuk Samsung Galaxy S20 + dan Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki varian tertinggi dengan kapasitas penyimpanan 512 GB.

Walaupun terdengar sangat boros akan penyimpanan, tetap saja hasil dari perekaman ponsel mewah Samsung Galaxy S20 tidak bisa dipandang sebelah mata apalagi dengan spesifikasi kamera sensor 108MP yang besar. Dengan menggunakan 9-in-1 pixel binning, kamera dapat menangkap foto 12MP dengan setara dengan 2,4μm piksel, yang menjanjikan untuk menetapkan tolok ukur baru untuk fotografi  dengan cahaya yang rendah. Kamera ini juga memiliki optical image stabilization (OIS) dan aperture f/1.8 yang membuat rekaman video yang Anda ambil dapat stabil walaupun tanpa perangkat tambahan stabilizer, dengan Super Steady 2.0 yang menjanjikan stabilitas seperti boneka, Samsung menjanjikan "pembuatan film tingkat profesional".

Namun hasil sempurna dari perekaman 8K Samsung Galaxy S20 ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna dari perangkat output 8K saja.

Sementara selain dari segi pengambilan video, segi pengambilan gambar oleh Samsung Galaxy S20 ini pun tidak kalah bagusnya  terutama untuk fitur telephoto dengan lensa periscopenya yang dibangun di sekitar sensor 48MP yang sangat besar yang juga mendukung 4-in-1 pixel binning untuk bidikan 12MP. Samsung juga menyampaikan jika kamera ini memiliki kemampuan 10x optical zoom dan 100x Super Resolution Zoom. Lensa periskop juga memiliki fitur OIS untuk menunjang kestabilan ketika pengambilan gambar.[Sht/Hsn/timBX]

Tags :

#
samsung,
#
smartphone,
#
kamera 8k,
#
samsung galaxy s20