MENU
icon label
image label
blacklogo

iPhone 12, Sang Pemula Ponsel Apple Tanpa Aksesoris

OCT 16, 2020@10:00 WIB | 104 Views

Dikenal sebagai produsen gadget premium, Apple memang telah lama dirumorkan akan merilis produknya tanpa aksesoris, termasuk earpods dan power adapter. Ini sudah berlaku untuk produk terpanas tahun ini, iPhone 12, yang datang hanya dengan pengisi daya Lightning ke USB-C. Langkah ini diambil oleh Apple untuk mengurangi emisi karbon dan penggunaan elemen tanah jarang. Dengan melepas aksesoris, model iPhone 12 dikirimkan dalam kotak yang lebih kecil.

“Sebagai bagian dari upaya kami untuk mencapai sasaran lingkungan, iPhone 12 dan iPhone 12 mini tidak menyertakan adaptor daya atau earpods,” demikian bunyi situs web Apple, dengan pesan serupa ditampilkan untuk iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. “Silakan gunakan adaptor daya dan headphone Apple Anda saat ini atau beli aksesori ini secara terpisah.”

Adapun kabar baru datang dari Mark Gurman, dari Bloomberg. Dalam akun twitternya, Mark menuliskan bahwa hal ini tidak hanya untuk iPhone 12 saja, tetapi akan diterapkan juga pada iPhone yang sudah tersedia. Ini berarti akan mencakup iPhone SE yang baru diluncurkan, yang menurut Mark dapat dilihat dari kemasannya yang menyusut secara signifikan.

Apple juga diharapkan untuk mulai menggabungkan kabel USB-C ke Lightning, bukan USB-A ke Lightning. Keputusan ini pun mendatangkan penolakan dari banyak orang yang menilai Apple tidak adil. Sebab, produsen tetap mempertahankan harganya tetapi tidak melengkapi iPhone dengan aksesoris.

Hal ini merupakan lanjutan dari Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE yang baru diluncurkan pada bulan lalu, di man dua model jam tangan pintar ini dikemas tanpa pengisi daya. Jadi tidak mengherankan apabila iPhone juga bergeser ke jalur yang sama.

Orang dapat berargumen bahwa hal ini sejalan dengan etos Apple yang sedang menuju cita-cita ramah lingkungan. Namun di saat bersamaan, frustasi dirasakan oleh sebagian pengguna yang harus merogoh kocek lagi untuk membeli adaptor daya. Padahal, konsumen telah mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mendapatkan ponsel idaman.

Jelaslah mulai hari ini, iPhone SE, iPhone 11, dan iPhone XR juga dikirimkan tanpa earpods atau pengisi daya di dalam kotak. Sebaliknya, iPad masih dibundel dengan adaptor daya di dalam kotak untuk saat ini. Tampaknya, apapun respon dari konsumen, pabrikan sudah mengambil keputusan untuk menjalankan visinya sebagai perusahaan ramah lingkungan. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
iphone 12,
#
aksesoris iphone 12,
#
apple