MENU
icon label
image label
blacklogo

Instagram Segera Luncurkan Filter DM untuk Selebriti

APR 26, 2021@15:00 WIB | 124 Views

Media sosial Instagram terus bergerak memperlengkapi fasilitasnya untuk memuaskan para penggunanya. Kini, Instagram meluncurkan alat baru yang dapat secara otomatis memfilter DM yang melecehkan penggunanya. Namun fitur ini ditargetkan untuk public figure seperti selebritis dan tokoh masyarakat.

Kabarnya, fitur baru hari ini yang akan memungkinkan pengguna untuk secara otomatis memfilter permintaan pesan langsung yang berisi kata, frasa, dan emoji yang menyinggung. Fitur ini dibuat untuk para selebritas dan tokoh masyarakat yang menerima DM berbahaya yang tidak diinginkan dalam jumlah besar. Dengan fitur ini diharapkan dapat mengurangi sampah berupa ujaran kebencian di platform Instagram.

Sebagai informasi, di tahun 2018, platform ini telah membuat filter komentar ofensif yang secara otomatis memblokir komentar yang menyerang penampilan atau karakter seseorang.

Cara kerja dari fitur filter DM ini adalah dengan membuat menu “kata-kata tersembunyi” yang dapat diaktifkan atau non aktifkan oleh pengguna. Ketika diakftikan, maka pesan yang menyinggung akan dimasukkan ke folder terpisah dan DM di folder ini dirahasiakan, sehingga pengguna tetap dapat menelusuri pesan tanpa perlu. Jika pengguna menyentuh pesan, barulah mereka dapat membaca, menghapus, atau melaporkannya.

Dalam menerapkan fitur barunya ini, Instagram menggandeng "organisasi anti-diskriminasi dan anti-intimidasi terkemuka". Dalam fitur ini, pengguna juga dapat menyesuaikan daftar frasa ofensif berdasarkan apa yang tidak ingin dilihat.

Kabarnya, fitur baru ini akan diluncurkan hanya di beberapa negara pada Minggu-Minggu ini. Belum ada informasi negara mana saja yang akan menerima pembaruan fitur ini, namun Instagram berharap dapat memperluas ke lebih banyak negara.

Selain pengumuman tentang pembaruan fitur ini, Instagram juga mengatakan sedang meluncurkan fitur yang memungkinkan orang-orang memblokir akun baru secara preemptif dari para pelaku pelecehan. Dengan alat ini, para pengguna dapat memblokir seseorang di aplikasi. Fitur tersebut akan diluncurkan secara global dalam beberapa minggu ke depan. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
filter dm instagram,
#
teknologi inovatif,
#
instagram,
#
fitur instagram