MENU
icon label
image label
blacklogo

Huawei Ungkap Chipset 5G Barunya Untuk Mate 30 Pro dan Mate X

SEP 07, 2019@10:30 WIB | 179 Views

Kabar terkini mengungkap bahwa inti dari Huawei Mate 30 Pro dan foldable Mate X akan menjadi chipset 5G baru yang belum lama ini diberitakan. Hal itu terlihat pertama kali di aula IFA 2019 minggu ini.

Chipset Kirin 990 buatan Huawei muncul di spanduk pusat konvensi dengan ukuran yang cukup masif dan dengan segera menjadi perhatian para pengunjung. Tidak sedikit yang langsung membagikannya ke Twitter dan membuat kabar ini dengan segera viral.

 Huawei memiliki masa depan yang tidak pasti karena larangan di AS terkait perang dagang yang terjadi antara AS dengan China. Namun ternyata mereka masih bergerak maju dengan teknologi baru, sebagaimana dibuktikan oleh chipset Kirin 990. Kita senua sebelumnya mengetahui tentang Kirin 990 ketika Huawei mengonfirmasi itu akan mendukung Mate X (ponsel lipat pertama perusahaan asal Negeri Tirai Bambu itu).

Kembali ke spanduk di IFA, di situ tertulis bahwa chipset Kirin 990 akan memiliki kemampuan 5G bawaan. Ini berarti tidak perlu ada modem 5G eksternal selain chipset tersebut. Chip ini juga dibangun pada desain FinFET Plus 7nm yang menggunakan litografi Ultraviolet Ekstrem, untuk desain padat dan hemat daya.

Sebelumnya telah ada spekulasi bahwa ponsel unggulan Huawei yang akan datang hanya mendapatkan chipset Kirin 985. Namun dengan spanduk itu, bukan berarti kita mengesampingkan kemungkinan itu. Jika Huawei memilih untuk menawarkan varian 5G dan 4G-LTE saja untuk ponsel berikutnya, maka Huawei dapat menggunakan chipset yang berbeda untuk masing-masingnya.

Meskipun berita ini mungkin menarik bagi penggemar Huawei yang mengincar Huawei P40 di masa depan atau Mate X yang akan datang, Huawei bukan satu-satunya perusahaan yang beralih ke chipset dengan kemampuan 5G tertanam.

Samsung baru saja mengumumkan chipset Exynos 980, yang juga akan memiliki modem 5G bawaan. Apalagi itu bakal dalam produksi massal pada akhir tahun ini dan mendarat di Samsung Galaxy S11.

Namun Huawei Kirin 990 kemungkinan akan muncul di perangkat kelas unggulan. Jadi, mungkin lebih banyak  ditemukan di ponsel premium. Sementara Exynos 980 Samsung tampaknya memiliki spesifikasi yang akan menempatkannya lebih baik di jantung ponsel 5G kelas menengah.

Namun di sisi lain, Huawei kemungkinan akan menjadi yang pertama ke pasar global. Jika diingat, Mate 30 Pro dijadwalkan untuk diluncurkan pada 19 September, dan itu akan menjadi tampilan yang buruk bagi Huawei untuk mempromosikan chip barunya tanpa siap meluncurkan ponsel yang dibangun dengan menggunakan chip tersebut dalam waktu dekat.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
huawei,
#
kirin 990,
#
mate x,
#
mate 30 pro