MENU
icon label
image label
blacklogo

Facebook Akan Sembunyikan Total Like

SEP 03, 2019@16:10 WIB | 125 Views

Facebook kabarnya bakal segera mulai menyembunyikan hitungan akumulasi Like pada posting News Feed untuk melindungi pengguna dari kecemburuan dan mencegah mereka dari sensor diri. Instagram sudah menguji ini di 7 negara termasuk Kanada dan Brasil, menunjukkan kepada umum yang melihat posting tersebut hanya beberapa nama teman bersama yang telah menyukainya daripada jumlah totalnya.

Idenya adalah untuk mencegah pengguna merusak diri mereka sendiri dibandingkan dengan orang lain dan mungkin merasa tidak memadai jika posting mereka tidak mendapatkan banyak Like. Itu juga bisa menghentikan pengguna dari menghapus posting yang mereka pikir tidak mendapatkan Like yang cukup atau tidak trending.

Kabar ini datang dari ahli teknologi Jane Manchun Wong yang melihat Facebook membuat prototipe jumlah Like yang tersembunyi di aplikasi Android-nya. Ketika dikonfirmasi oleh TechCrunch, Facebook mengiyakan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk menguji penghapusan jumlah Like. Namun itu belum untuk diberikan secara terbuka bagi pengguna.

Sayangnya Facebook menolak untuk membagikan hasil dari uji penyembunyian Like di Instagram, yang sebenarnya bisa menjadi motif yang tepat kenapa mereka berniat melakukan hal serupa. Mereka juga menolak membagikan info jadwal untuk memulai pengujian secara luas. Namun jika memang memutuskan untuk melanjutkan tes, Facebook kemungkinan akan melakukannya secara bertahap dan menarik kembali jika secara signifikan mengganggu penggunaan atau pendapatan iklan.

Sebagai pengingat setelah memulai pengujian di Kanada, Instagram menambahkan Brasil, Australia, Selandia Baru, Italia, Irlandia, dan Jepang ke tes pada bulan Juli. Di sana, si penulis post masih dapat melihat total Like, tetapi orang lain tidak bisa. Perluasan uji Instagram itu dan Facebook berpotensi mencobanya dalam aplikasinya sendiri menandakan bahwa itu mungkin berdampak positif.

Facebook sepertinya juga mulai ingin menghindari skenario Like menjadi semacam barometer persaingan populeritas atau bahkan menjadikan penggunanya malas melakukan posting baru karena tidak pernah mendapatkan banyak Like sebelumnya. Menghapus jumlah Like bisa membuat lebih sedikit tekanan pada pengguna dan mendorong mereka untuk berbagi lebih bebas dan sering.

Facebook sendiri secara bertahap bisa dibilang telah berpindah penggunaannya oleh para netizen. Mereka kini lebih menggunakannya sebagai wadah untuk berbagi acara mencolok atau momen besar seperti pernikahan atau pekerjaan baru. Sementara Instagram dan Snapchat mengambil alih untuk berbagi kejadian sehari-hari. Masalahnya adalah bahwa orang memiliki lebih sedikit dari momen-momen besar itu, dan itu berpengaruh ke jumlah pengguna aktif secara harian.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
facebook,
#
instagram,
#
facebook like