MENU
icon label
image label
blacklogo

Dua Raksasa Konsol Bersatu Demi Wujudkan Masa Depan Gaming

MAY 22, 2019@13:10 WIB | 276 Views

Sony dan Microsoft menjatuhkan pengumuman bak sebuah bom beberapa waktu lalu ketika dua raksasa video game itu mengungkapkan bahwa mereka telah sepakat dengan kemitraan kolaboratif yang akan melihat kedua belah pihak bekerja pada solusi berbasis cloud baru untuk pengalaman bermain game. Berita itu datang hanya dalam satu bulan lagi dari apa yang seharusnya menjadi ajang utama Microsoft dan Xbox yaitu E3 2019. Banyak berspekulasi itu bisa menandakan keberangkatan kedua perusahaan dari pasar konsol dan mulai mengejar kemitraan dan layanan streaming berbasis cloud sebagai gantinya.

Dalam kurun tahun ini Microsoft memang sudah tampak agresif mengejar kemitraan. Seperti kerja sama dengan Nintendo yang memungkinkan beberapa game eksklusif Xbox untuk dim ainkan di Switch, serta bos Xbox Phil Spencer telah menyatakan dengan gamblang di sosial media bahwa dia terbuka untuk memasuki pembicaraan dengan siapa saja mengenai masa depan dunia game dan bagaimana merek Xbox cocok dengannya.

Sementara itu awalnya dilihat sebagai tanda kelemahan dari sebuah perusahaan yang saat ini konsol - konsol telah diremukkan oleh para pesaingnya, sekarang tampaknya menjadi poros yang akan melihat Xbox berpotensi mendesain ulang cara pendekatannya terhadap game.

Kerja sama baru yang diumumkan melalui beranda Microsoft itu menunjukkan bahwa kemitraan Sony dan Microsoft akan menjadi upaya untuk mengejar inovasi baru dan meningkatkan pengalaman pelanggan dalam platform hiburan mereka. Kedua perusahaan tersebut tampaknya akan bekerja di Microsoft Azure, dan yang lebih mengejutkan, layanan game streaming dan konten Sony sekarang juga dapat menggunakan Microsoft Azure.

"Kedua perusahaan akan mengeksplorasi pengembangan bersama solusi cloud masa depan di Microsoft Azure untuk mendukung game dan layanan streaming konten masing-masing. Selain itu, kedua perusahaan akan mengeksplorasi penggunaan solusi berbasis pusat data Microsoft Azure saat ini untuk permainan dan konten layanan streaming Sony. Dengan bekerja bersama, perusahaan bertujuan untuk memberikan pengalaman hiburan yang lebih ditingkatkan untuk pelanggan mereka di seluruh dunia. Upaya ini juga akan mencakup membangun platform pengembangan yang lebih baik untuk komunitas pembuat konten," inilah bagian dari pernyataan yang dirilis oleh Microsoft terkait kerja sama nya dengan Sony.

Sungguh mengejutkan melihat kedua perusahaan tiba-tiba bekerja bersama setelah bertahun-tahun dihabiskan sebagai pesaing yang sengit. Di sisi lain itu juga masuk akal mengingat dengan infrastruktur Microsoft plus kedudukan Sony di dunia gaming akan menghasilkan sebuah kolaborasi yang sangat kuat. Sementara kedua perusahaan secara individual mungkin telah dikalahkan oleh pesaing, persatuan dapat menguntungkan keduanya.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
sony,
#
microsoft,
#
xbox,
#
playstation