MENU
icon label
image label
blacklogo

Rekomendasi Jelajah Connecticut Bagi Para Pecinta Arsitektur

MAY 14, 2019@15:30 WIB | 197 Views

Connecticut yang merupakan negara bagian di Amerika Serikat sudah sejak lama menjadi taman bermain bagi para arsitek modern. Itu dimulai sejak 1930 yang dipelopori oleh Walter Gropius, pemilik sekolah desain Jerman Bauhaus. Bersama rekannya, Marcel Breuer bersama-sama mereka membentuk generasi arsitek mulai Landis Gores, John M. Johansen, Eliot Noyes, dan Philip Johnson.

Dikutip dari Travel+Leisure, generasi arsitek modern ini mulai membangun tempat tinggal, gereja, dan sekolah bahkan selanjutnya juga perkantoran yang terbentang di antara wilayah Stamford dan Hartford. Apa saja? cek jelajah arsitekturnya sebagai berikut.

Pertama, tempat yang harus dikunjungi adalah perumahan New Canaan yang punya ikon rumah kaca karya Johnson. Masuk ke perumahan yang diisi banyak rumah kaca ini bagai masuk ke dunia lain seperti kotak kaca dengan padang rumput yang luas. Rumah seluas 1.800 meter persegi ini berisi perabotan dari Mies van der Rohe Barcelona. Di dalamnya ada stuido, kolam renang, galeri namun sejauh mata memandang yang terlihat adalah padang rumput hijau.

Kedua, coba jelajahi gereja Stamford's First Presbyterian yang dirancang oleh Wallace Horrison yang juga mendesain New York's Metropolitan Opera House. Gereja ini dijuluki sebagai gereja ikan karena bentuknya yang unik dengan jendela-jendela bertitik-titik ala Dalle de Verre Prancis. Gereja ini digantungi lampu minimalis sehingga terasa sangat bercahaya. Horrison menyebut gereja ini sebagai batu safir raksasa.

Perjalan akhir, Blackpals bisa mampir di lapangan Universitas Yale yang dipenuhi dengan bangunan modernis karya alumni Yale, seperti Eero Saarinen Ingalls Rink yang bangunannya dijuluki sebagai paus. Dekat dari situ juga ada Breuer's 1968 Armstrong Rubber Co. Building yang terlihat seperti bangunan berhantu. Bangunan klasik ini sebagian dihancurkan namun masih terlihat menawan. Belakangan lantai bawah bangunan ini dijadikan sebagai pameran instalasi seni Tom Burr/New Haven. Gimana sudah terpukau kan dengan deretan bangunan antimainstream ini? Jadi bagi Blackpals jangan lupa mampir ke Connecticut. Siapa tahu bisa jadi inspirasi.

Tags :

#
connecticut,
#
spot wisata,
#
amerika serikat