MENU
icon label
image label
blacklogo

Kemilau Wat Chalong, Kuil Terbesar di Phuket Thailand

AUG 07, 2019@17:00 WIB | 312 Views

Jika Blackpals menyimak perjalanan sebelumnya ke Big Buddha di Phuket, maka letak Wat Chalong tak jauh dari lokasi tersebut karena hanya berjarak 6 km.

Wat Chalong terletak di Tambol Chalong (atau Kecamatan Chalong) di Distrik Mueang Phuket. Kuil ini didedikasikan untuk dua biksu, Luang Pho Chaem dan Luang Pho Chuang. Dibangun pada 1837, kuil ini meyimpan banyak sejarah dan legenda.

Masuk ke Wat Chalong tidak dipungut biaya alias gratis. Datanglah siang menjelang sore, selain tidak telalu penuh, cuaca juga lebih bersahabat karena tidak terlalu terik.

Apalagi kompleks kuil ini lumayan luas jadi perlu tenaga ekstra untuk memasukinya. Beberapa bagunan dibuka untuk pengunjung namun lainnya tidak. Sebab sebenarnya kuil ini masih aktif bahkan bagi untuk sembahyang anggota kerajaan. 

Komplek Wat Chalong terdiri dari banyak bangunan dan struktur mengagumkan. Salah satunya adalah stupa (chedi) setinggi 60 meter yang melindungi bagian tulang Buddha.

Konon, sepotong tulang Buddha yang dibawa dari Sri Lanka itu disimpan di dalam chedi pada 2002 dalam upacara kehormatan yang dipimpin Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn, yang mewakili Raja.

Dinding dan langit-langitnya dihiasi aneka lukisan indah yang menggambarkan momen penting dalam perjalanan kehidupan Buddha.

Tiap lantai dipenuhi deretan patung emas hasil sumbangan sejumlah pihak. Stupa Wat Chalong sendiri terdiri dari tiga lantai. Blackpals bisa naik ke lantai teratas untuk menikmati panorama indah sekitar dari ketinggian.

Berikutnya ada The Grand Pagoda yang berhiaskan lukisan dinding bertema penggambaran kisah hidup Buddha. Di salah satu lokasi paling sejuk dan populer di Wat Chalong ini, Blackpals juga bisa melihat aneka penggambaran Buddha.

Oia, perlu diketahui juga, beberapa bagian dari Wat Chalong dilarang difoto karena merupakan bangunan sakral yaitu bangunan tempat jenazah dikebumikan. Wat Chalong buka tiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Sebagaimana masuk ke rumah ibadah, Blackpals harus tetap memperhatikan pakaian ya, yang sopan dan tertutup.[tya/hsn/timBX]

Tags :

#
destinasi wisata,
#
thailand,
#
wat chalong