MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Galeri Seni Wajib Dikunjungi di Jakarta

APR 06, 2019@10:00 WIB | 152 Views

Terlepas dari problematika seperti banjir dan macet, Jakarta sebagai ibu kota negara juga memiliki banyak hal yang ditawarkan untuk berwisata. Termasuk di sini wisata seni. Kota yang dulu bernama Batavia ini memiliki banyak museum dan galeri seni yang laik untuk blackpals kunjungi. Berikut 5 galeri seni yang bisa dijadikan acuan untuk sekadar menikmati karya seni di Jakarta.

Galeri Nasional Indonesia

Lembaga budaya negara ini dijadikan museum untuk menyimpan karya seni rupa modern atau kontemporer dan terletak di Jl. Medan Merdeka Tim, No. 14, Gambir, Jakarta Pusat. Tidak hanya sebagai tempat menyimpan karya seni, galeri ini juga memiliki gedung yang sering dipakai untuk tempat pameran dan perhelatan seni rupa. Galeri Nasional Indonesia buka dari jam 10.00 - 19.00 WIB, dan tutup setiap hari Senin.

Museum MACAN (Modern and Cotemporary Art in Nusantara)

Museum MACAN ini sama persis seperti Galeri Nasional Indonesia yaitu merupakan tempat menyimpan karya seni rupa modern dan kontemporer dari Tanah Air. Pendiri museum yang terletak di AKR Tower Level MM, Jl. Perjuangan No.5, Kebon Jeruk, DKI Jakarta ini adalah Haryanto Koesoemo. Museum MACAN memiliki banyak karya seni yang instagramable walau tentunya tetap bernilai seni tinggi. Museum ini juga sering dijadikan tempat pameran dan perhelatan seni. Di sini blackpals juga diperbolehkan menggambar atau meniru karya seni yang dihadirkan asalkan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Museum MACAN buka mulai pukul 10.00 - 18.00 WIB, dan tutup setiap hari Senin.

Mon Décor

Galeri Art Mon Décor didirikan pada tahun 1983 oleh Martha Gunawan. Saat itu, Mon Décor merintis bisnis seni yang berangkat dengan konsep seni sebagai kesatuan interior. Seiring dengan waktu, Mon Décor mengembangkan galeri baru di Gunung Sahari Raya No 1 Blok B 13-14 Jakarta dengan memfokuskan diri di bidang seni rupa.

Keunikan museum ini ada pada koleksinya yang berganti setiap 6 bulan sekali. Jadi pengunjung bisa menyaksikan karya seni yang berbeda-beda. Selain itu museum ini tidak hanya menampilkan satu aliran seni rupa dan lukis saja.

Galeri Hadiprana

Inilah galeri aktif tertua di Jakarta. Didirikan oleh Hendra Hadiprana pada tahun 1961, Galeri Hadiprana bertahan meski ada di tengah pergolakan ekonomi dan politik Indonesia. Galeri ini menyimpan banyak karya seni berupa lukisan, foto, patung, hingga video karya anak bangsa. Selain galeri seni, Hadiprana juga punya banyak kelas seni yang bisa diikuti. Buka setiap hari pukul 10.00 - 18.00, blackpals bisa mengunjungi galeri ini di Butik Mitra Hadiprana, lantai dasar No. 30 Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan.

RuangRupa

RuangRupa awalnya merupakan organisasi seni rupa kontemporer yang didirikan pada tahun 2000 oleh sekelompok seniman di Jakarta. Sebagai organisasi nirlaba, RuangRupa bertujuan mendorong kemajuan gagasan seni rupa dalam konteks urban dan lingkup luas kebudayaan melalui pameran, festival, laboratorium seni rupa, lokakarya, penelitian, serta penerbitan buku, majalah, dan jurnal online.

RuangRupa memiliki gedung yang berisi karya seni dan berlokasi Jl. Pancoran Timur II No.4, Pancoran, Jakarta Selatan. Galeri seni ini buka mulai pukul 11.00 - 21.00 WIB dan tutup setiap hari Minggu.

Nah blackpals itulah beberapa galeri seni yang keren di Jakarta. Selain bisa menikmati karya-karya seni, galeri-galeri tersebut juga sangat instagramble. Namun kami ingatkan agar blackpals tetap mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku saat berkunjung ke sana. 

Tags :

#
art,
#
hadiprana,
#
ruangrupa,
#
galeri seni