MENU
icon label
image label
blacklogo

Waspadai Aksesoris Berbahaya Pada Mobil

AUG 29, 2015@13:00 WIB | 5,761 Views

Sejatinya memasang aksesoris pada kendaraan akan menjadikan tampilan semakin sedap dipandang, namun ternyata ada beberapa aksesoris yang ternyata berbahaya jika dipasangkan pada mobil kesayangan Anda.

Dadi Hendriadi, Division Head Technical Service Division Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, "Pabrikan telah mendesain sebuah kendaraan dengan rinci untuk mengurangi resiko yang muncul akibat kecelakaan. Penambahan aksesoris justru dapat meningkatkan resiko kecelakaan bagi pengendara maupun penumpang."

Berikut ini adalah daftar aksesoris yang dapat membahayakan keselamatan berkendara:

Bantal Headrest

Saat ini banyak beredar di pasaran aksesoris bantal headrest. Aksesoris ini memikat para konsumen dengan desain yang menarik dan bentuk yang lucu. Padahal aksesoris ini dapat menambah resiko ketika Anda berkendara. Aksesoris tersebut dapat memperparah cedera leher bagi si pengendara maupun penumpang, terlebih jika terjadi benturan dari belakang.

Forklift Knob

Peranti ini menjanjikan Anda kemudahan dalam mengendalikan stir atau kemudi. Namun aksesoris tersebut sejatinya diperuntukkan bagi Forklift untuk memudahkan ketika berpindah haluan atau berbelok. Menjadi berbahaya bagi pengendara karena Anda tidak bisa mengendalikan kendaraan secara penuh dengan kedua tangan. Penggunaan aksesoris seperti ini menjadi fatal saat Anda harus bereaksi dengan cepat, hal ini dapat mengakibatkan cedera pada lengan si pengendara. Terlebih peranti ini akan memperparah cedera jika terbentur pada kepala Anda saat terjadi benturan.

Lampu

Dewasa ini banyak beredar lampu yang menawarkan cahaya yang lebih terang daripada bawaan pabrik. Hal ini akan membantu Anda dalam berkendara di malam hari. Namun peranti tersebut justru berbahaya bagi pengendara lain dari arah yang berlawanan. Lampu juga dapat berfungsi sebagai alat komunikasi dengan kendaraan lain, mengganti fungsi lampu atau warna lampu akan membuat pengendara lain kebingungan dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Cover Seatbelt

Aksesoris yang satu ini akan membuat Anda tercekik dan memberikan tekanan lebih pada bagian dada saat terjadi reaksi mendadak pada kendaraan. Peranti ini akan menjadi tambah bahaya jika digunakan pada anak-anak. Maka tanggalkan aksesoris-aksesoris yang dapat membahayakan Anda dalam berkendara. [dw/timBX]

Tags :

#
Auto Tips
#
Aksesoris Mobil
#
Safety Driving