MENU
icon label
image label
blacklogo

Perhatikan Hal Ini Agar Motor Matic Awet

APR 18, 2015@12:00 WIB | 7,848 Views

Memiliki motor matik di Jakarta memberikan keuntungan tersendiri bagi para penggunanya, hal tersebut dikarenakan kendaraan roda dua jenis ini sangat gesit dan lincah untuk dipakai di kondisi lalu lintas yang padat seperti Jakarta. Namun, jika kalian ingin motor matik kesayangan tetap awet dan enak diajak jalan sehari-hari maka perhatikan beberapa hal dibawah ini.

Cara pengoperasian yang terbilang mudah kerap membuat para penggunanya kerap menyepelekan beberapa hal yang dapat menyebabkan cepat rusaknya komponen motor tersebut. Hal pertama yang harus diperhatikan bagi pemilik motor matik adalah oli. Sebagai bagian yang melindungi mesin dari gesekan, oli memiliki masa pakai yang jika sudah melewati batas pemakaian maka oli sudah tidak bisa melindungi lagi. Menurut Eko dari Takutic oli mesin motor matik lebih encer dibandingkan oli motor pada umumnya.

"Oli mesin motor matik itu lebih encer jika dibandingkan dengan oli motor pada umumnya, angka SAE pada motor matik Honda umumnya menggunakan 10W-30. Beda lagi dengan matik Yamaha, kalau Yamaha biasanya pakai yang lebih kental SAE 20W-40," kata Eko di Jakarta.


Eko juga menyoroti perilaku penunggang motor matik di Ibukota, menurutnya kebiasaan membuka gas secara mendadak dapat membuat komponen dalam ruang CVT lebih cepat aus dan akhirnya rusak. Untuk motor matik yang sudah menggunakan sistem injeksi, ia menyarankan agar ruting mengganti filter udara setelah menempuh jarak 10 ribu kilometer.

"Cara bawa motor matik juga harus diperhatikan jika ingin motor lebih awet, membuka dan menutup gas pada motor matik harus dilakukan secara smooth. Karena kalau terlalu sering membuka dan menutup gas secara mendadak nantinya akan ada masalah pada bagian CVT -nya. Buat motor matik yang sudah injeksi harus rajin cek secara berkala filter udara, ini harus diganti setiap 10 ribu kilometer, diganti yah bukan dibersihkan karena kalau cuma dibersihkan nantinya bisa mberebet," lanjut Eko.[dw/timBX]

Tags :

#
Perhatikan Hal Ini Agar Motor Matic Awet
#
Tips
#
Motor Matic