MENU
icon label
image label
blacklogo

Menyiasati Kondisi Darurat Dalam Berkendara

MAR 16, 2015@09:58 WIB | 955 Views

Dalam setiap kondisi darurat, hal paling penting yang harus diperhatikan adalah jangan panik dan usahakan tetap tenang. Dengan begitu anda dapat membuat keputusan yang cepat namun tepat. Selanjutnya yang perlu diingat adalah keselamatan nyawa manusia, jika kecelakaan sudah tidak bisa dihindari maka tindakan yang harus dilakukan pertama kali adalah memastikan keselamatan nyawa manusia. Berikut ini kami akan berbagi tips dari Rifat Drive Labs (RDL).

Kebakaran di ruang mesin

Jika ruang mesin mobil anda tiba-tiba terbakar hal yang pertama yang dilakukan adalah segera arahkan mobil ketempat yang lebih aman dan terbuka. Kemudian segera matikan mesin mobil anda, lalu keluar dari dalam kendaraan dengan semua penumpang yang ada. Jika kebakaran sudah terlalu besar, jangan pernah mencoba untuk memadamkan sendiri. Anda harus berada sejauh mungkin dari kendaraan sambil menunggu bantuan.

Namun jika kebakaran tidak terlalu besar, dan didekat lokasi ada alat pemadam kebakaran (apar) segera semprotkan ke pusat api. Jangan gunakan air, karena tidak efektif untuk kebakaran bercampur bahan bakar dan minyak pelumas (oli). Jangan sekali-sekali anda membuka kap mesin, kecuali hanya menarik kabel pembuka dari dalam kabin yang berguna untuk mendapatkan celah guna menyemprotkan bahan pemadam.

Understeer

Memasuki tikungan dalam kecepatan tinggi sangat beresiko tinggi. Salah satu akibatnya adalah understeer, ini merupakan gejala mobil yang tidak tidak mau berbelok sesuai dengan keinginan si pengemudi. Jika anda mengalami hal ini, tetap jangan panik. Lalu jangan menambah putaran roda kemudi, kurangi putaran roda kemudi secara halus dan perlahan-lahan. Kurangi tekanan pedal gas secara halus untuk mengembalikan titik berat kendaraan kebagian depan, sehingga roda depan mendapatkan kembali traksinya.

Oversteer

Hal ini merupakan kebalikannya dari gejala sebelumnya, tenang dan tidak panik tetap yang harus diutamakan. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah jangan melakukan percepatan maupun perlambatan kendaraan secara kasar dan tiba-tiba. Lakukanlah Counter Steer, kemudian lakukan akselerasi secara halus dan bertahap.[dw/timBX]

Tags :

#
Tips Menyiasati Kondisi Darurat Dalam Berkendara
#
Rifat Drive Labs
#
Tips