MENU
icon label
image label
blacklogo

Indikator Jarum Bensin Ngaco, Ini Penyebabnya!

JUL 11, 2015@09:00 WIB | 32,613 Views

Banyak para pengendara mobil yang kesal akibat indikator bensin mobil yang "ngaco" alias tidak berfungsi. Disaat Anda sedang melakukan perjalanan dengan santai tiba-tiba Anda melihat indikator bensin menurun. 

Padahal Anda sudah mengisi bensin sebelum melakukan perjalanan. Biasanya penyebab indikator error atau tidak berfungsi normal, dikarenakan mobil yang sudah kemakan umur alias sudah tua melebihi sekitar 5-10 tahun.

Menurut Ading, selaku mekanik dan pemilik bengkel Daeyang Service Station, yang beralamat di jalan Bintaro Raya No.7, Tanah Kusir, Jakarta Selatan, harus dipastikan terlebih dahulu adalah kondisi fuel sender yang terdapat pada tanki bensin, seringkali fuel sender rusak menjadi faktor utama penyebab indikator di dashboard tidak bekerja, baik digital ataupun analog.

"Bisa jadi disebabkan karena keseringan tangki kosong karena minimnya bahan bakar. Jadi saat panas terjadi proses penguapan yang menimbulkan air di dalam tangki. Dalam keadaan tangki kosong, maka air yang menempel di tangkai pelampung ini membuat karat. Sehingga pelampung tidak bergerak," beber pria yang akrab disapa Adi.

Selain itu, lanjut Adi, bisa juga ketika pemilik mobil sedang mencopot indikator untuk dibersihkan dan cara pemasanganya pun terlalu keras, itu juga bisa menyebabkan indikator bensin tidak berfungsi kadang naik terkadang turun.

"Sementara untuk model indikator digital yang dapat Anda temui dimobil mobil Jepang maupun Eropa, tak perlu heran ya. Sebab itu terjadi bukan karena pelampungnya tidk berfungsi, melainkan indikatornya memang kurang responsif," tutup Adi. [Ddy/timBX]

Tags :

#
Autotips
#
tipsotomotif
#
indikator bensin