MENU
icon label
image label
blacklogo

VW Akan Tawarkan Ruang Kokpit Tanpa Tombol

SEP 24, 2015@08:00 WIB | 577 Views

Mobil masa depan dari Volkswagen (VW) akan datang dengan interior tanpa tombol. Demikian diungkapkan Head of Development Volkswagen Heinz-Jakob Neusser.

Neusser menjelaskan kalau semua fungsi di dalam kabin akan dikendalikan oleh perintah suara dan gesture. Kombinasi kontrol ini tentu jauh lebih baik ketimbang sistem antarmuka melalui perintah sentuhan yang diterapkan pada mobil Tesla.

"Ide ini untuk memberikan gangguan seminimum mungkin kepada pengemudi karena faktor melakukan kontrol pengoperasian fitur-fitur di dalam mobil," kata Neusser. Konsep sistem kokpit tanpa tombol ini pertama kali diterapkan pada VW Golf R Touch yang pernah dimunculkan dalam Consumer Electronics Show (CES) 2015 yang dihelat awal tahun.

Pada konspe VW Golf R Touch itu, pusat kontrol kabin ada pada dua layar. Layar utama berpenampang 12,8 inci yang terletak pada dashboard, gunanya sebagai control media dan navigasi. Di bawah layar ini diberi slider bar dengan kontrol gesture untuk pengemudi mengakses beberapa fungsi mobil. Layar sekunder lebar 8.0 inci ditempatkan di bawah dashboard untuk mengakses AC dan sistem audio. 

Pada mobil ini juga memiliki sejumlah sensor gerakan yang dipasang di dekat sunroof. Gunanya memberikan akses kepada pengemudi atau co-driver untuk mengubah track audio, mengatur volume dan membuka/menutup sunroof dengan menggunakan berbagai gerakan seperti memutar, mengubah atau melambaikan tangan. [Pra/timBX]

Tags :

#
VW
#
Volkswagen
#
VW Golf R Touch