MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota, Honda, Nissan, Subaru Berhenti Setelah Gempa

MAR 13, 2011@07:51 WIB | 299 Views

Gempa bumi berkekuatan 8,9 yang terjadi di lepas pantai,dan disertai gelombang Tsunami melanda Jepang kemarin (11/3), musibah tersebut  membuat aktivitas sebagian warga Jepang terhenti bahkan sejumlah perusahaan termasuk perusahaan roda empat berhenti berproduksi. Imbas dari musibah ini sangat dirasakan sekali oleh 4 perusahaan mobil terkemuka asal Jepang seperti Toyota, Honda, Nissan, dan Subaru.

Kabarnya akibat gempa dan tsunami berefek pada terganggunya aktivitas perdagangan ekspor ke negara Amerika serikat seperti pengiriman mobil sedan Toyota Yaris , Scion XB dan Scion XD, serta Honda Fit subcompact, sedan Accord  dan CR-V crossover. Gempa ini juga mempengaruhi produksi Acura dan Infiniti lineups. Toyota juga mengkonfirmasikan kerusakan pada pemasoknya. Dua pabrik besar pembuat part Toyota Boshoku Corp dan Denso Corp, keduanya dikatakan telah mengalami beberapa kerusakan peralatan.

Honda mengabarkan menutup dua pabrik perakitan segera setelah gempa itu, kata juru bicara Keitaro Yamamoto. Nissan Motor Co juga menghentikan kegiatan operasional di pabrik-pabrik di seluruh Jepang timur. Kebakaran kecil sempat terjadi didua pabrik perakitan, termasuk pabrik produksi sedan Infiniti M dan mobil sports GT-R, "kebakaran kecil padam dengan cepat" kata pihak perusahaan. Nissan berencana berhenti produksi sampai akhir pekan tapi sebelumnya akan dilakukan pengecekan kerusakan akibat gempa pada hari Senen untuk memastikan layak atau tidak layaknya pabrik beroperasi. Fuji Heavy Industries Ltd, pembuat mobil Subaru, menutup lima pabrik, kata Kenta Matsumoto, juru bicara perusahaan yang berbasis di Tokyo.[san/timBX]

Tags :

#
Toyota
#
Yaris
#
Scion XB dan Scion XD
#
Honda
#
Fit
#
Accord
#
CR-V
#
Nissan
#
Infiniti M
#
GT-R
#
Subaru