MENU
icon label
image label
blacklogo

Tesla Model X, SUV Electric Berkekuatan Super

SEP 25, 2015@16:16 WIB | 660 Views

Pekan depan Tesla akhirnya memperkenalkan Model X SUV. Prototipe dari Tesla Model X SUV ini sudah pernah dipamerkan sejak 2012 silam sebagai bentuk keseriusan Tesla menggarap mobil-mobil listrik super pasca kesuksesan Model S sedan.

Pada front facia terlihat jika Tesla Model X SUV masih menggunakan tarikan garis desain yang identik dengan Model S sedan. Kesan mirip ini diperlihatkan dari bentuk grill oval di depan. Sementara itu tarikan garis desain yang membentang dari lampu utama ke kap mesin menunjukkan karakter kuat dari sebuah SUV. Kesan futuristik di dapat dari penggunaan lampu utama dengan material LED.

Garis atap berbentuk kurva yang juga masih mirip dengan Model S. Ini mungkin demi mempertimbangkan sisi aerodinamika kendaraan walaupun secara dimensi Model X jauh lebih tinggi. Efek dari bentuk atap rendah itu membuat jendela belakang berukuran kecil. Uniknya, jika pintu pengemudi dan penumpang depan hadir konvensional, maka pintu penumpang belakang malah dibuat dengan bukaan ke atas mirip SLS AMG kepunyaan Mercedes-Benz.

Dari sisi mekanis, pusat tenaga Tesla Model X SUV datang dari baterai lithium ion 85 kw. Jika merujuk pada Model S sedan yang menggunakan baterai 85D, maka kekuatannya ada di rentang 417 hp dengan torsi 485 Nm. Namun bobot yang lebih berat dari Model S membuat Tesla Model X SUV hanya mampu berjalan sejauh 386 km, sementara Model S sanggup berjalan sampai 435 km dalam sekali isi ulang daya baterai.

Pengisian daya baterai Tesla Model X SUV pun diklaim sama persis dengan Model S yang artinya butuh 10 jam dari sumber listrik 240 volt. Meski demikian bagi konsumen di Eropa, Tesla menawarkan stasiun pengisian data baterai Supercharger yang mampu mengisi baterai 80% hanaya dalam 30 menit. [Pra/timBX]

Tags :

#
Tesla Model X
#
Tesla
#
Model X SUV
#
SUV