MENU
icon label
image label
blacklogo

Raikkonen Juara Seri Perdana F1

MAR 18, 2013@10:58 WIB | 515 Views

KimiRaikkonenmemberikankejutandenganmenjuaraiseripembukaajang Formula 1 yang berlangsungdi Melbourne, Australia. Kemenangan yang diraihRaikkoneninimemberikankejutansendiribagitim lain yang sudahharuswaspadadengantim Lotus dimusimbalap 2013 ini. Torehangemilang yang dihasilkanpembalaptim Lotus ini, menggugurkanprediksibanyakorang yang menyebutkanbalapandi Australia kemarinakandidominasiolehtim Red Bull.

Sebastian Vattelpadaawallombaberhasilmemimpinlombadenganpercayadiriberkatpenggunaan ban supersoft Pirelli yang digunakannya. Namunpada lap ketujuh, Vattelharusmasukke pit untukmenggantibannya, danposisinya pun langsungdigantikansecarabergantianolehpembalaplainnya. Mark Webber mengalaminasib yang kurangberuntungdiseriperdanaini. Webber mengalamimasalahtelemetridanKERSpadamobilnya, sehinggamemaksanyakeluardaripersaingandanhanyamampumengamankanposisikeenamdiakhirbalapan.

Keberhasilan Raikkonen memenangkan seriperdanaini tak lepas dari strategi jitu yang digunakan olehtim Lotus. Mereka menggunakan strategi dua-stop yang bertentangan dengan strategi tiga stop yang digunakan para pesaing terdekatnya. Tim Red bull boleh saja sangat mendominasi pada sesi kualifikasi, namun strategi yang jitu berhasil membuat keadaan berbalik disaat lomba, dan Ferrari juga Lotus sangat mendominasi jalannya lomba.

Raikkonen sendiri merasa sangat senang dengan kemenangan pertama yang diraihnya dimusim ini, dan ia sangat senang dengan strategi yang diterapkan oleh timnya. "Rencana kami melakukan dua kali stop dan itu selalu sulit di balapan pertama untuk mengetahui kapan harus berhenti dan tidak perlu terlalu cepat. Ternyata, taktik ini sangat tepat dan kami mendapatkan hasil yang sangat yang memuaskan. Ini adalah salah satu balapan paling mudah saya lakukan untuk menang. Mudah-mudahan bisa berlanjut di balapan-balapan berikutnya" tandasnya.[nur/timBX]

Tags :

#
F1 2013
#
F1
#
Kimi Raikkonen
#
Lotus
#
GP F1 Australia 2013
#
Red Bull
#
Pirelli
#
Mark Webber
#
Sebastian Vattel
#
Farrari
#
Fernando Alonso

RELATED ARTICLE