MENU
icon label
image label
blacklogo

Preview Sirkuit Sepang Malaysia

OCT 23, 2014@17:00 WIB | 1,385 Views

Sepang merupakan sirkuit internasional kebanggaan warga Malaysia, desain sirkuit modern ini dibuat berdasarkan desain dari Hermann Tilke yang merupakan seorang desainer sirkuit masa kini. Pria berkebangsaan Jerman ini tidak hanya mendesain sirkuit Sepang, keahliannya membuat lintasan balap sudah diakui dunia dan karya pertama yang tercatat pernah dibuatnya adalah sirkuit A1 Ring, Austria.

Sepang diresmikan pada tanggal 7 Maret 1999 oleh perdana menteri keempat Malaysia Mahatir Mohamad, ajang balap kelas dunia yang pertama kali digelar disana adalah MotoGP satu bulan setelah peresmian. Sirkuit yang berada dekat dengan bandara internasional Kuala Lumpur tersebut kini telah menyelenggarakan berbagai ajang internasional seperti F1 GP, A1 GP, dan Malaysian Motorcycle GP.

Berada dikota Selangor, panjang lintasan Sepang mencapai 5.543 kilometer dan mempunyai dua trek lurus yang cukup panjang sebelum masuk ketikungan hairpin atau biasa disebut 'tusuk konde' yang sempit. Memiliki kapasitas delapan puluh ribu orang penonton, Sepang juga didukung desain unik untuk tribun penonton.

Sepang memiliki 15 tikungan yang beragam, banyak pebalap mobil dan motor yang menyukai karakter sirkuit ini karena selain memiliki trek lurus yang sangat panjang, pebalap leluasa untuk menyalip dikarenakan lebar sirkuit yang memadai. Pebalap MotoGP yang sangat sukses disini adalah sang juara dunia MotoGP tujuh kali Valentino Rossi, tercatat ia telah memenangkan lima balapan dikelas MotoGP, satu balapan dikelas 500cc, dan satu balapan dikelas 125cc.

Sirkuit Sepang juga memiliki kenangan kelam bagi ajang balap motor paling terkenal seantero bumi, pebalap MotoGP asal Italia Marco Simoncelli harus meregang nyawa dan akhirnya meninggal dunia dalam perjalanan kerumah sakit saat dirinya sedang menjalani balapan musim 2011. Saat itu Simoncelli terjatuh lalu tertabrak pebalap lain yang melintas dibelakangnya, Marco Simoncelli saat itu merupakan penantang serius juara dunia MotoGP dari tim Honda Gresini.[dw/timBX]

Tags :

#
Sepang Malaysia
#
Sirkuit Sepang Malaysia
#
MotoGP
#
Valentino Rossi
#
Marco Simoncelli
#
Honda Gresini
#
Mahatir Mohamad