MENU
icon label
image label
blacklogo

New MINI 5-door : Sudah Tak Mungil Lagi

MAR 06, 2015@16:00 WIB | 1,507 Views

Kehadiran New MINI 5-door cukup menarik untuk dicermati. Mengingat jika selama ini MINI Cooper dan Cooper S hadir dengan tipe tiga pintu empat tempat duduk dan berdimensi mungil, maka kini dihadirkan model lima pintu empat tempat duduk. Ukuran tubuhnya pun menjadi melar

Secara dimensional New MINI 5-door tidak dapat dipungkiri pasti lebih besar dibanding model 3-door. Panjangnya kini 3.982mm untuk model Cooper dan 4.005mm untuk model Cooper S 5-door. Ini artinya panjang kedua model bertambah 161mm dan 155mm dibanding MINI Cooper dan Cooper S 3-door. Tingginya juga lebih tinggi 11mm, sementara lebar New MINI Cooper dan Cooper S 5-door tetap sama dengan model tiga pintu yakni 1.727mm.

Dennis Kadaruskan, Product Planning BMW Group Indonesia menyebutkan, meski memakai sasis yang sama dengan versi tiga pintu, tapi modle 5-door ini punya jarak sumbu roda yang diperpanjang 72 mm menjadi 2.567 mm. "Tapi suspensi dan sasis ini dirancnag mengikuti perpanjangan bodinya sehingga tetap menghasilkan sensasi berkendara yang sama nikmatnya dengan versi 3-door," ucap Dennis di Jakarta.

Akibat sumbu roda yang lebih panjang maka penumpang belakang dapat tambahan ruang kaki 37 mm. Hadirnya dua pintu tambahan untuk penumpang belakang juga memberikan akses lebih nyaman. Volume bagasi pun ikut ditambah 67 liter menjadi 278 liter dibandingkan MINI 3-Door. Dengan konfigurasi 60:40 memungkinkan volume ruang bagasi tersebut bisa meluas hingga 941 liter.

Lantas bagaimana dengan mesin yang diusungnya? Ketika kap pada bonet terbuka, New MINI 5-Door tetap menyimpan mesin 1.5-liter Twin Power Turbo 3 silinder direct injection double VANOS. Mesin tersebut sanggup meluapkan tenaga 136 hp pada 4.500 rpm dengan torsi maksimum 220 Nm di rentang 1.250-4.000 rpm.

New MINI Cooper S 5-Door juga setara New MINI Cooper S lain yang dibekali mesin 2.0-liter 4 silinder 192 hp pada 4.700-6.000 rpm bertorsi maksimal 280 Nm pada 1.250-4.750 rpm. Torsi ini dapat meningkat hingga 300 Nm melalui fungsi overboost. Hasilnya, akselerasi 0-100 km/jam hanya membutuhkan 6.8 detik, dengan kecepatan maksimum 230 km/jam.

Fitur smart yang tersimpan dalam New MINI 5-door yakni teknologi MINIMALISM. Fitur ini mampu mengatur engine start/stop otomatis, pengukuran ekstensif untuk mengoptimalkan beban dan hambatan udara, regenerasi energi rem, aktivitas pompa bahan bakar, sampai pompa pendingin.

Kaki-kaki New MINI 5-door menggunakan as roda depan dengan aluminum swivel bearings dan axle supports serta lengan suspensi yang terbuat dari besi berkekuatan tinggi. Besi berkekuatan tinggi juga digunakan untuk as roda belakang. Stabilizer berbentuk tabung di poros roda depan dan belakang berkontribusi pada penurunan berat kendaraan. Bearing as roda mampu memberikan kelincahan saat berkendara.

Model ini juga menggunakan MINI Driving Mode MID, SPORT atau GREEN dapat diakses melalui touch pad berbentuk lingkaran yang letaknya berada didekat tuas transmisi. Setiap MINI Driving Modes mempengaruhi pendar lampu, tampilan lampu LED MINI central instrument serta karakteristik transmisi.

Sebagai mobil identik akan gaya hidup modern, New MINI 5-door juga tak lupa akan fitur MINI Connected. Sebuah fitur yang dapat terintegrasi dengan media sosial, informasi dan entertainment dengan terlebih dulu disinkronisasikan dengan perangkat Apple iPhone maupun smartphone yang menggunakan sistem operasi Android.

Dengan MINI Connected para pemilik New MINI 5-door dapat mengakses Mission Control, Dynamic Music, Driving Excitement dan MINIMALISM Analyser, serta layanan berbasis online seperti radio web, Facebook, Twitter, Foursquare, berita melalui RSS feed dan fitur hiburan seperti AUPEO! dan TuneIn.[Pra/timBX]

Tags :

#
New MINI 5-door
#
MINI
#
MINI Cooper
#
MINI Cooper S