MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP 2015 Era Pebalap Spanyol Berakhir?

MAY 02, 2015@17:00 WIB | 662 Views

Kejuaraan balap motor Grand Prix musim 2014 dikuasai oleh pebalap kelahiran Spanyol. Marc Marquez sukses menjuarai kelas MotoGP, Tito Rabat pada kelas Moto2 dan kemudian Alex Marquez menguasai kelas Moto3. Musim ini dominasi pebalap Spanyol tampak akan segera berakhir, hal ini mulai terlihat dari prestasi para pebalap negeri Matador yang mulai tersalip oleh pebalap dari negara lain.

Nama-nama seperti Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, Johan Zarco, Sam Lowes, Mika Kallio, Danny Kent, dan Fabio Quartararo mulai menggusur dominasi pebalap Spanyol. Setelah tiga balapan berlangsung musim ini, hanya satu pebalap asal Spanyol yang mampu memenangkan balapan dari semua kelas. Marc Marquez berhasil menjadi yang tercepat di Austin, sedangkan di kelas Moto2 Alex Rins yang asli Spanyol yang berhasil menapaki podium (GP Argentina dan GP Austin), lalu di kelas Moto3 hanya Efren Vazquez dan Issac Vinales pebalap Spanyol yang mampu naik podium.

Mampukah nama-nama seperti Valentino Rossi atau Andrea Dovizioso mematahkan dominasi era pebalap Spanyol yang telah berlangsung sejak tahun 2013. Saat ini juara dunia sembilan kali Rossi kini semakin menunjukkan tekad kuatnya dalam mengejar gelar kesepuluhnya, pebalap berumur 36 tahun tersebut telah membuktikan motivasinya untuk menambah koleksi gelar juara dunia MotoGP.

Di kelas Moto2 pebalap asal Jerman Jonas Folger mencuri perhatian dengan menjuarai seri Qatar, lalu pada seri kedua di Austin pebalap asal Inggris Sam Lowes keluar sebagai pemenang dan kemudian pada seri Argentina silam pebalap Asal Perancis Johann Zarco berhasil mengalahkan favorit juara Alex Rins. Sementara itu sang juara bertahan Tito Rabat seperti hilang ditelan bumi, pebalap Spanyol tersebut finish diurutan ke 12 di Argentina.

Pada kelas Moto3, nama-nama seperti Danny Kent (Inggris), Enea Bastianini (Italia) dan juga Fabio Quartararo (Perancis) kini menempati posisi 1,3 dan 4 di klasemen pebalap. Pebalap Spanyol hanya diwakili oleh Efren Vazquez yang menempati posisi kedua di klasemen. Akankah dominasi pebalap Spanyol akan habis musim ini? [dw/timBX]

Tags :

#
Marc Marquez
#
Alex Marquez
#
Valentino Rossi
#
Andrea Dovizioso
#
Johan Zarco
#
Sam Lowes
#
Mika Kallio
#
Danny Kent
#
Fabio Quartararo
#
MotoGP 2015
#
MotoGP