MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Toyota ini Disokong dengan Mesin BMW

DEC 04, 2013@08:55 WIB | 460 Views

Setelahmelakukankesepakatanpadatahun 2011 lalu, BMW dan Toyota kinimerefleksikankerjasamamerekapadavarian Toyota Verso. Mobil dengankapasitas 5 atau 7 penumpangtersebutakandibekalidenganmesin yang di-supplyoleh BMW. Mesintersebutadalah BMW Diesel yang akanditujukanuntukversi 1.6D - 4D. Iniadalahproyekpertamadarikeduaprodusentersebutdalammenjalinsebuahkerjasama, seperti yang telahdirencanakan, variantersebutakanmasukdalamtahapproduksipadatahundepan.

Mesin tersebut akan datang dengan kapasitas mesin 1.6 liter yang mampu menghantarkan tenaga sebesar 110 bhp dan torsi sebesar 199 lb-ft pada 1.750 dan 2.250 rpm. Sedangkan gas buang emisi yang dihasilkan, mobil ini masuk dalam kategori ramah lingkungan, pasalnya mesin tersebut menghasilkan 119 kg/m. Disamping itu, mesin ini sudah mencakup teknologi Euro 5, sama seperti yang digunakan pada varian BMW 1 Series dan model MINI sebelumnya. Sementara itu, mesin tersebut akan dibangun di pabrik BMW yang terletak di Austria.

Didier Leroy, Senior Marketing Officer of Toyota Motor Corporation, dan President and CEO of Toyota Motor Company mengatakan, "Di Toyota, kamipercayabahwamengatasilingkungan yang dihadapiolehindustrikitaakanmembutuhkanlebihdarisatupendekatan. Fitur hybrid merupakanintidaristrategikamiterhadapmobilitas yang berkelanjutan, tetapikitajugamelihatperananmesin diesel yang bersihdiwilayahEropa". "Bekerjasamadenganpemimpinindustriseperti BMW Group memungkinkankitauntukmendapatkankeuntungandaritingkatskalaekonomiuntukmengurangibiayapengembangansertameningkatkanwaktukamikepasar", tambahbeliau.

Lebih lanjut lagi, untuk produksi varian terbaru Verso 1.6D - 4D tersebut akan memulai pada Januari 2014 yang terletak di Toyota Motor Manufacturing, Turki. Perihal peranan BMW dalam menyokong mesin untuk varian tersebut, BMW memiliki tugas seperti mengembangkan sistem sel bahan bakar, melakukan studi kelayakan untuk pengembangan bersama dari platform mobil sport, bekerjasama dalam menciptakan teknologi kendaraan tubuh ringan, serta melakukan penelitian bersama terhadap baterai Lithium-Air. [Har/timBX]

Tags :

#
BMW Diesel
#
BMW 1 Series
#
Toyota Verso