MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Hybrid Ini Berbasis Mesin Honda Vario

SEP 27, 2015@19:48 WIB | 2,049 Views

Sebuah mobil hybrid karya anak bangsa turut menyemarakkan gelaran Pameran Otomotif Jogja (POJOG) 2015 di JEC. Tampilan mobil rakitan ini meniru gaya mobil balap Formula 1. Sejatinya mobil hybrid bertajuk H15 ini memang diciptakan untuk mengikuti sebuah kompetisi yang membawa nama Bangsa Indonesia di kancah dunia.

Menurut Chahyo, salah satu tim pengembang yang tergabung dalam Garuda Racing Team UNY, mengatakan, "basic awal mobil hybrid ini merupakan perpaduan antara mesin listrik dan mesin bensin."

Mesin dasar atau mesin bensin mobil rakitan tersebut yakni Honda Vario yang telah mengalami sejumlah modifikasi pada sistem pengapian dan pengabutan bahan bakarnya. Daya tampung hybrid yang ada pada mobil H15 ini sebesar 8 Kilowatt. Sementara untuk motor listriknya masih menggunakan produk impor.

Dalam waktu pengecasan selama 4 jam, mobil hybrid ini dapat menempuh jarak sekira 70 kilometer. Sehubungan dengan tujuan awalnya sebagai mobil full performa, maka tim Garuda Racing UNY tidak menerapkan sistem recharge pada mesin hybrid tersebut. Pasalnya, proses recharge justru dapat membuat kinerja mesin jadi menurun alias tidak full power. Ketika uji coba mobil ini mampu menempuh jarak 200 meter dalam waktu 9 detik. [nus/timBX]

Tags :

#
Pameran Otomotif Jogja 2015
#
POJOG 2015
#
Hybrid
#
Modifikasi
#
Honda Vario