MENU
icon label
image label
blacklogo

Kedepannya BMW akan Gunakan Dua Platform Sementara Mercedes Empat

MAR 17, 2014@15:00 WIB | 448 Views

Duo produsen asal Jerman, BMW dan Mercedes Benz kini telah memutuskan untuk mengurangi jumlah arsitektur kendaraan sebagai metode untuk memangkas biaya dan mempercepat kapasitas produksi. Saat ini, BMW yang juga merupakan satu group dengan MINI memiliki lima platform kendaraan. Akan tetapi, menurut Herbert Diess, Anggota Dewan Penelitian dan Pengembangan mengatakan bahwa nantinya akan menggunakan dua platform.

Dua platform tersebut terbagi menjadi platform untuk Front Wheel Drive, dan untuk Rear Wheel Drive. Namun demikian, untuk model i3 yang memiliki fitur plug in hybrid, dan i8 tidak dimasukan kedalam restrukturisasi platform terbaru mereka.

Begitu pula dengan Mercedes Benz, produsen yang juga memiliki basis di Jerman tersebut, lewat Thomas Weber, selaku head of Worldwide R&D, mengungkapkan bahwa perusahaan juga akan mengurangi jumlah platform, dari yang tadinya sebanyak sembulan platform, kini hanya akan menjadi empat platform (MFA, MRA, MHA, dan MSA). Untuk yang pertama, ini akan digunakan pada mobil front wheel drive seperti A-Class dan B-Class. Sedangkan untuk platforma kedua, ini ditujukan untuk rear wheel drive (C-, E-, S-Class, dan GLK).

Sementara itu, untuk platform ketiganya, ini akan digunakan untuk model crossover besar (ML, ML-250 2015 yang barbasis dua pintu), serta yang terakhir adalah untuk platform yang digunakan untuk mobil sport (SL, SLK, dan mungkin AMG GT). Selain itu, Weber juga mengatakan bahwa dengan langkah tersebut pengehematan biaya akan sangat besar dan sementara itu pada saat yang bersamaan hal ini akan meningkatkan kualitas secara keseluruhan.[Har/timBX]

Tags :

#
BMW
#
Mercedes Benz
#
Herbert Diess
#
BMW i3
#
Front Wheel Drive
#
Rear Wheel Drive