MENU
icon label
image label
blacklogo

Kawasaki Ninja H2 Resmi Diluncurkan, Pakai Mesin Supercharged!

NOV 05, 2014@17:00 WIB | 779 Views

Kawasaki tidak mau ketinggalan momentum EICMA 2014 untuk memperkenalkan produk flagship terbarunya. Apalagi kalau bukan Ninja H2, supersport bike yang memiliki performa maha dahsyat. Isu hadirnya Kawsaki Ninja H2 memang sudah santer terdengar, supersport bike ini disinyalir merupakan lawan tanding Yamaha YZF-R1 maupun Honda RC213V-S yang keduanya juga lahir di Milan, tempat diselenggarakannya EICMA.

Ada dua versi Kawasaki Ninja H2 yang diperkenalkan di Italia, pertama yakni H2 untuk penggunaan di jalan raya, dan H2R untuk penggunaan di atas trek balap. Versi pertama memiliki keluaran tenaga 210 hp sementara H2R punya daya mencapai lebih dari 300 hp.

Kedua model ini sama-sama menggunakan mesin 998cc berteknologi supercharged yang menurut pihak perusahaan sengaja dipakai untuk memberikan rentang power mesin yang lebih lebar sejak putaran rendah. Sesuatu yang tidak akan pernah ditemukan pada motor ber-cc besar namun mengadopsi sistem naturally aspirated.

Baik H2 maupun H2R juga dibekali rangka teralis berbahan baja dengan jarak sumbu roda yang pendek. Hal ini didesain guna memberikan stabilitas pengendaraan saat menikung di kecepatan tinggi. Kawasaki juga menanamkan single-sided swing-arm pada model teranyarnya itu. Sementara "chin spoiler" juga sengaja ditambahkan di bagian depan agar memberi efek downforce ke roda depan.

Untuk H2R, kinerja kaki-kaki dipercaya keluaran Ohlins yang bisa diatur secara elekronik. Namun untuk H2 hanya menggunakan suspensi KYB fully adjustable. Meski begitu keduanya sama-sama memiliki fitur multi-level traction control, launch control, ABS, serta rem Brembo 330mm di depan dan 250mm di belakang.

Kawasaki Ninja H2 dan H2R juga diberikan cat bodi yang istimewa. Lapisan cat terluar dicampur dengan zat yang sanggup memberikan reaksi kimia. Saat di tempat teduh, cat akan terlihat hitam, namun ketika ada di bawah sinar matahari maka terlihat seperti chrome. Ini diklaim merupakan teknologi pertama yang diterapkan pada sepeda motor.[Pra/timBX]

Tags :

#
Kawasaki Ninja H2
#
Kawasaki Ninja
#
Kawasaki
#
Ninja H2