MENU
icon label
image label
blacklogo

Ini Pesan Aoki kepada Para Pembalap Indonesia

MAR 23, 2015@12:00 WIB | 750 Views

Ketika didaulat untuk melatih par apembalap muda Indonesia di ajang Suzuki Indonesia Challenge (SIC) 2015, test tider tim Suzuki MotoGP, Nobuatsu Aoki memberikan kunci kemenangan sebuah tim balap. "Hasil akhir sebuah tim dari balapan tetap ada pada pembalapnya. Jika ia bisa kencang dalam mengendarai motor, maka ia bisa kencang meski diberi motor apapun," ucap Aoki akhir pekan kemarin di Sirkuit Snetul, Bogor, Jawa Barat.

Lebih jauh mantan pembalab MotoGP itu menceritakan, pada sebuah tim balap tentu ada mekanik dan juga test rider untuk bisa menghasilkan motor yang kencang. Peranan test rider inilah yang mampu menjadi masukan mekanik tentang apa yang kurang dari motor tersebut.

"Seorang test rider harus memposisikan dirinya sebagai pembalap sekaligus sebagai mekanik. Pada saat ia berada di atas motor maka ia akan fokus bagaimana membuat motor melaju sekencang-kencangnya dan mencatat waktu secepat mungkin untuk satu putaran lap. Tetapi ketika sampai di paddock, maka ia berfungsi sebagai konsultan mekanik tentang apa yang kurang dari motor tersebut," katanya.

Namun lagi-lagi peranan test rider dan mekanik cuma sebagai pendukung inti. Hasil akhir tetap ada di tangan pembalap itu sendiri. "Seorang pembalap tugasnya hanya satu, fokus menang balapan, itulah kunci kemenangan sebuah tim. Yang penting pembalap itu harus gas terus!" tegas Aoki. [Pra/timBX]

Tags :

#
Suzuki Indonesia Challenge 2015
#
Nobuatsu Aoki
#
Tim Suzuki MotoG