MENU
icon label
image label
blacklogo

Gempa Jepang Tak Pengaruhi Operasional Toyota AS

MAR 18, 2011@11:31 WIB | 313 Views

Hampir seminggu pasca gempa bumi 8,9 SR disertai tsunami yang melanda pantai timur laut Jepang membuat produsen mobil ternama di Jepang luluh lantak, termasuk didalamnya pabrikan Toyota. Indikasi terganggunya operasional di sejumlah negara termasuk Amerika Serikat (AS) sempat mencuat akibat musibah yang telah menewaskan ribuan jiwa tersebut. Pada Rabu (16/3) lalu, Toyota mengumumkan semua pabrik akan tutup hingga hari kedua minggu depan. Namun operasional Toyots AS tetap aman untuk saat ini.

Menurut Toyota, sebagian besar suku cadang yang digunakan kendaraan hasil produksi Amerika Utara diproduksi oleh pemasok lokal, kesenjangan produksi tidak akan mengaruhi rantai pasokan. Pada tingkatan yang lebih tinggi, persediaan pada dealer dalam negeri cukup untuk melayani hingga produksi di Jepang kembali berjalan. Sebagian besar model yang di jual di Amerika Serikat seperti Camry, Corolla. RAV4, Lexus RX35 merupakan hasil produksi secara lokal.

"Mengenai operasional Toyota Amerika Utara, sejauh ini belum terlihat dampaknya. Ke-13 kendaraan dan mesin pabrik Amerika Utara berjalan normal, meskipun lembur telah dibatasi untuk saat ini perusahaan memastikan dan mempertahankan persediaan dari bagian-bagian yang berasal dari Jepang." sebut sebuah pernyataan dari Toyota. "Perusahaan telah berupaya untuk meminimalisir dampak jangka panjang pada keterbatasan Prius." lanjutnya.[sp/timBX]

Tags :

#
Toyota
#
Toyota AS
#
Camry
#
Corolla. RAV4
#
Lexus RX35