MENU
icon label
image label
blacklogo

Chemonk Modified Kini Dilengkapi dengan Kawasaki Diagnostic System

DEC 04, 2014@08:00 WIB | 2,346 Views

Chemonk Modified melengkapi "senjata' bengkelnya dengan alat canggih Kawasaki Diagnostic System (KDS). Tidak hanya melayani modifikasi, kini Chemonk Modified sudah bisa melayani servis Kawasaki berbasis FI. Fungsi dari alat tersebut adalah para end user dapat mengetahui setting-an atau pengaturan motor Kawasaki kesayangan mereka. "Dengan alat ini kalau service motor FI (Fuel Injection) lebih gampang", tutur Agil, mekanik Chemonk Modified.

Tim BX Sempat bertandang ke bengkel yang beralamat di Jalan Assirot, No.2-A, Jakarta Barat ini, dengan lugas Agil menjelaskan mengenai fungsi dari alat KDS tersebut. "Bukan cuma mendiagnosa, tapi dengan alat ini kita bisa tahu motor ini keluaran tahun berapa", papar Agil. Lebih lanjut lagi, dalam alat tersebut ada beberapa fitur diantarnya adalah real time monitor, actuator test, erased stored service codes, real time monitor, dan diagnosis.

Diungkapkan lebih lanjut oleh Agil, dengan menggunakan alat ini kerusakan yang ada di Kawasaki Ninja 250 Fi atau diatasnya, akan lebih mudah didiagnosis. Agil juga menyebutkan bahwa alat ini mampu menginformasikan seberapa sering soket-soket di motor tersebut dipasang dan dilepas. "jadi kita bisa tahu tuh, soket-soket ini sudah berapa kali dilepas dan dipasang kembali", ungkap mekanik berusia 30 tahunan tersebut.

Untuk cara kerja alat ini, soket yang ada pada motor Kawasaki disambungkan dengan soket KDS, nantinya informasi mengenai motor Kawasaki tersebut akan muncul dihalam an awal program KDS tersebut. Setelah itu, dari fitur real time monitor ini kita dapat mengetahui settingan motor tersebut. Mulai dari bukaan gas atau throttle opening angle, inlet air pressure, water temperature, battery voltage, dan masih banyak lagi.

Untuk lebih jelas lagi, Agil mempraktekan mengenai cara kerja KDS tersebut. Dengan melakukan perubahan dibagian TPS (throttle position sensor), ketika bagian tersebut dirubah, maka real time monitor secara otomatis langsung membaca pergerakan tersebut. "Begitu saya rubah TPS, di KDS langsung berubah juga angkanya (throttle opening angle)", terang Agil. Dengan adanya alat ini dibengkel Chemonk Modified, sejatinya anda para pengguna Kawasaki Ninja yang mengusung fitur FI, tidak perlu khawatir lagi pasalnya kerusakan pada kendaraan mereka dapat dideteksi sejak dini. [Har/timBX]

Tags :

#
Chemonk Modified
#
Chemonk KDS
#
Kawasaki Diagnostic System
#
Kawasaki
#
Kawasaki Ninja 250
#
Kawasaki Ninja 250 Fi
#
Kawasaki Ninja