STAY CONNECTED
STAY CONNECTED
MEMBER SIGN IN
OR SIGN IN WITH
 
Forgot your password?   |   Not a member? Register here

Gaya Old School Buat Binter Tetap Matching

 Kamis, 28 Juni 2012
Gaya Old School Buat Binter Tetap Matching

Binter Merzy merupakan salah satu motor lawas yang masih banyak diburu oleh para kolektor maupun modifikator di Tanah Air, selain karena model dasarnya yang simpel, mesin motor keluaran Kawasaki ini juga terkenal bandel dan tidak rewel. Albertus salah satunya, pemuda asal kota Semarang ini sepertinya sudah jatuh hati dengan dengan karakter Binter Merzy, bagaimana tidak, Kentus panggilan akrabnya sehari-hari menjalankan aktifitasnya di temani dengan Binter Merzy buatan 1981. Tampang standar Binter dirasa masih kurang mewakili pribadi Kentus yang sedikit slengean, alhasil ubahan besar-besaran dilakukan Kentus untuk membuat Binter Merzy-nya bergaya Old School yang dianggap sangat mewakili karakternya.

Merubah tampang standar Binter Merzy ke model Old School tentunya bukanlah hal yang mudah, hampir seluruh bagian motor dibuat ulang untuk mendapatkan karakter khas dari model Old School. Pengerjaan pertama yang dilakukan adalah mendesain ulang bagian rangka, besi pipa pun langsung diorder kebengkel bubut untuk dibentuk menjadi rangka bermodel rigid. Untuk bagian Sok depan dibiarkan menggunakan sok standar yang diberikan beberapa aksesoris pendukung untuk memberikan kesan berbeda pada bagian sok saat dilihat.

Salah satu sisi unik yang membuat Binter Merzy kepunyaan Kentus ini memiliki karakter ada pada bagian tangki, tempat menampung bahan bakar ini juga dibuat sendiri menggunakan plat besi yang dibentuk menyerupai model-model tangki sepeda motor bermodel chopper. Memberikan sesuatu yang beda pada bagian tangki ini Kentus memberikan pola jahitan diatas tangki yang memberikan kesan lebih sangar.

"Bagian tangki ini salah satu bagian yang bikin kuat karakter motor. Model tangki dibentuk model tangki chopper dengan plat besi, selesai itu dikasih efek jahitan biar lebih berkarakter, lagian juga jarang-jarang ada motor yang pake motif jahitan di tangkinya" ucap Albertus

Untuk bagian kaki-kaki juga terkena beberapa ubahan, bagian velg menggunakan model jari-jari dengan ring 18 inci dibagian depan, dan 17 inci dibagian belakang yang dibalut dengan ban berprofil tinggi semakin menguatkan karakter Old School pada tubuh Binter Merzy. Sebagai finishing pada tubuh Binter dipasangkan beberapa aksesoris unik seperti pedal sepeda yang digunakan sebagai kik starter, intake karburator yang ditempel dibagian buritan, besi unik yang memegang plat nomot, dan juga tutup tangki dengan lima dadu ikut terpasang ditubuh Binter Old School ini.

Tampang udah keren tentu performa mesin juga harus ditambah, bore-up dianggap langkah yang paling jitu dan paling simpel untuk meningkatkan tenaga. Binter Merzy yang awalnya memiliki kapasitas silinder 200 cc, dimasukan paksa seher Honda Exelent yang membuat kapasitas silinder membengkak sekitar 350 cc. Agar sistem pengapian Binter Merzy Old School ini lebih simpel, sistem pengapian modern bermodel CDI diterapkan untuk memaksimalkan performa pengapian. Kentus juga menceritakan sensasinya mengendarai mesin Binter bore-up "Setelah di bore-up Binter Merzy terasa seger lagi, apalagi dikawasan Semarang yang daerahnya perbukitan tenaga Binter Merzy terasa terus ngisi waktu diajak ngelibas trek menanjak, mantap pokoknya".[nur/timBX]

Spesifikasi

Motor : Kawasaki Binter Mercy 1981
Rangka : Costum Model Rigid
Tangki : Costum Model Chopper
Suspensi Depan : Standar + Kondom
Setang : Costum Model Z-Bar
Jok : Costum Plat Alumunium
Knalpot : Costum
Velg : Model Jari-jari 18 inci (depan) dan 17 inci (belakang)
Seher : Honda Exelent
Pengapian : CDI

Comments