STAY CONNECTED
STAY CONNECTED
MEMBER SIGN IN
OR SIGN IN WITH
 
Forgot your password?   |   Not a member? Register here

Jarum Bensin Kijang Bermasalah

 Sabtu, 20 Maret 2010
Memiliki sebuah mobil lansiran tahun 1990-an diperlukan sebuah ketelitian dalam hal perawatan agar performa dan penampilannya tetap prima dari sisi mesin hingga kondisi eksterior maupun interiornya. Namun bagi pecinta atau hobier tentu bukanlah hal sulit untuk melakukan hal tersebut. Salah satu mobil yang tetap berjaya dimasa kini yakni Toyota Kijang Grand Extra lansiran 1996. Seiring usia tidak jarang kita menemukan kendala saat sedang berkendara, salah satunya berupa masalah pada indikator jarum bensin, tetapi tidak menutup kemungkinan mobil keluaran baru pun juga mengalami hal serupa.

Hanya karena masalah tersebut kenyamanan diperjalanan menjadi terganggu, pasalnya jarum bensin juga termasuk posisi penting bagi sebuah mobil untuk menggambarkan keadaan bahan bakar sesungguhnya yang terdapat dalam sebuah tangki. Ada beberapa langkah umum yang dapat kita lakukan untuk mengecek kerusakan tersebut. Pemerikasaan terhadap panel indikator menjadi langkah utama yang harus diperhatikan, bila kotor maka kinerja jarum pun dapat terganggu, atasi hal tersebut dengan membersihkannya.

Pemerikasaan terhadap sekring menjadi langkah selanjutnya, cek sekring kelistrikan dan deteksi dengan pasti apakah masih berfungsi baik atau tidak. Jika semua sekring kelistrikan telah anda cek dan tidak terdapat masalah maka kecurigaan anda bisa berlanjut kepada kabel yang terhubung dengan perangkat pelampung bensin. Kabel yang terputus ditengah jalur menuju soket pelampung pun dapat menjadi salah satu penyebab. Namun harus diperhatikan posisi kabel yang menghubungkan kelistrikan pelampung pada Toyota Kijang Grand Extra terletak diantara chassis dan tangki, sehingga tangki mobil terpaksa diturunkan mengingat letaknya yang sulit dijangkau. Soket yang kotor atau berkarat juga merupakan penyebab tidak berfungsi jarum bensin dengan baik.

Langkah pamungkas yang dilakukan jika semua komponen tersebut telah anda periksa dan tidak terdapat kerusakan atau gangguan, maka piranti pelampung secara keseluruhan haruslah turut menjadi perhatian anda. Perhatikan dengan seksama apakah pada jarum pelampung telah terjadi keausan, dan piranti ini merupakan kunci pokok dari permasalahan yang dibahas kali ini. Tidak ada cara lain untuk mengatasi hal tersebut, anda wajib menggantinya dengan yang baru jika menginginkan hasil sempurna. Perlu diingat, saat membeli parts ini anda wajib memperhatikan catatan kode yang terdapat pada jarum pelampung Toyota Kijang anda, pasalnya setiap tahun pembuatan memiliki kode yang berbeda.[nus/timABT, dari berbagai sumber]
  COMMENTS
TAGS
Comments